Maba UT Surakarta Diajak Melek Informasi dengan Baca Berita

Mahasiswa baru UT Surakarta mengikuti pelatihan kepemimpinan di aula kampus UT Surakarta, Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jateng, Rabu (21/11 - 2018). (Solopos.com/Ginanjar Saputra)
28 November 2018 02:00 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Mahasiswa baru di Universitas Terbuka (UT) Surakarta, khusunya para penerima beasiswa Bidik Misi dan Corporate Social Responsibility (CSR) bank mitra UT Surakarta, mengikuti pelatihan kepemimpinan di aula kampus UT Surakarta, Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (21/11/2018).

Dalam pelatihan itu, narasumber yang juga merupakan dosen Universitas Indonesia (UI), Agustian Budi Prasetya, mengajak mahasiswa baru UT Surakarta untuk melek informasi. Salah satu cara melek informasi, menurut Agustian, adalah dengan membaca berita.

Pria yang juga merupakan pendiri Rumah Budaya Kratonan itu menegaskan mahasiswa baru UT Surakarta juga harus membaca berita dari media yang kredibel. "Kalau mau jadi pemimpin, harus melek informasi, salah satunya dengan membaca berita dari media yang kredibel, Solopos salah satu contohnya," ujarnya di depan sekitar 60 mahasiswa baru UT Surakata.

Menurut Agustian, membaca berita di zaman sekarang sangat mudah. "Baca koran, kalau ribet bisa pakai e-paper. Di Solopos juga ada e-paper," tandasnya.

Agustian memberikan pelatihan kepemimpinan itu dengan tujuan agar mahasiswa baru UT Surakarta mampu memimpin diri mereka. Dengan sistem kuliah jarak jauh alias kuliah online, maka mahasiswa baru UT Surakarta diharapkan bisa memimpin diri sendiri sehingga menjadi pribadi mandiri.