Ndalem Badran Jadi Posko Jokowi Center dan Pertiwi Solo

Deklarasi Jokowi Center dan Pertiwi Solo di Ndalem Badran, Kota Barat, Solo, Selasa (27/11 - 2018). (Solopos/Nicolous Irawan)
28 November 2018 21:15 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Para pendukung pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin, di Kota Bengawan, pada Selasa (27/11/2018) lalu, mendeklarasikan dukungan melalui Jokowi Center Solo dan Perempuan Tangguh Pilih Jokowi (Pertiwi) Solo.

Acara deklarasi tersebut diadakan di Ndalem Badran, kawasan Kota Barat, Kelurahan Purwosari, Laweyan. Kompleks kediaman itu diketahui milik pendiri sekaligus pemilik Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo.

Perempuan berusia 90 tahun itu dikenal juga sebagai sosok orang di balik berdirinya Jokowi Center pada 2012 lalu. Saat itu, Mooryati Soedibyo mendirikan Jokowi Center untuk mengupayakan agar Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menang dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Daerah Khusus Ibu Kota (DKI).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Mooryati Soedibyo tampak hadir dalam deklarasi Jokowi Center Solo dan Pertiwi Solo. Kehadirannya disambut hangat oleh para pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin yang tiba lebih awal.

Selain dia, Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, juga datang pada acara itu. Kerabat Keraton Solo, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, yang menjadi penasihat Jokowi Center Solo, memberikan wejangan kepada para pendukung Jokowi dan Ma’ruf Amin yang tergabung dalam Jokowi Center Solo untuk melakukan kampanye secara damai.

Dia meminta para pendukung Jokowi selalu ingat unggah-ungguh dan menjaga etika saat berkampanye. “Berdirinya Jokowi Center di Solo ini tidak terlepas dari peran Ibu Mooryati Soedibyo. Jokowi Center sebenarnya telah ada sejak 2012 lalu. Awalnya Jokowi Center mendukung Jokowi saat maju dalam Pilgub DKI. Mudah-mudahan di Pipres 2019 ini, Jokowi Center bisa memberi dukungan hingga Jokowi-Ma’ruf Amin memperoleh suara kemenangan 80%,” ujar Tedjowulan saat memberikan sambutan, Selasa siang.

Acara puncak deklarasi Jokowi Center Solo dan Pertiwi Solo ditandai penyerahan bendera identitas organisasi masing-masing dari Tedjowulan kepada Ketua Jokowi Center Solo Harjanto dan Ketua Pertiwi Solo Maria Andayani.

Prosesi itu dilakukan setelah para pengurus Jokowi Center Solo dan Pertiwi Solo secara bergantian mengumandangan ikrar atau janji dukungan untuk pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 di hadapan para tamu undagan.