Tol Sragen-Ngawi Dibuka Pukul 21.00 WIB Malam Ini, Bebas Tarif Sepekan

Presiden Jokowi meresmikan tol Solo-Ngawi di wilayah Sragen, Rabu (28/11 - 2018). (Solopos/M. Ferri Setiawan)
28 November 2018 19:15 WIB Kurniawan Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Direktur Utama PT Jasa Marga Solo-Ngawi (JSN), David Wijayatno, mengatakan ruas jalan tol Sragen-Ngawi mulai dibuka untuk umum pada Rabu (28/11/2018) sekitar pukul 21.00 WIB.

Sebelumnya pada Rabu pagi, ruas tol tersebut diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Setelah diresmikan Pak Presiden Jokowi kami kan masih perlu sedikit waktu untuk bersih-bersih. Mulai pukul 21.00 WIB kami buka untuk umum," ujar dia saat diwawancarai wartawan, Rabu.

Menurut David, kendaraan yang masuk tol Sragen-Ngawi tidak dikenai biaya masuk alias gratis hingga sepekan ke depan. Tarif masuk akan diberlakukan mulai Kamis (6/12/2018) pukul 00.00 WIB.

Besaran tarif masuk tol Sragen-Ngawi sama dengan ruas tol Solo-Sragen yaitu Rp1.000 per kilometer untuk kendaraan golongan I seperti mobil pribadi, bus, dan truk-truk kecil dimensi 3/4. Sedangkan untuk kendaraan golongan II dan III dikenakan tarif Rp1.500 per kilometer.

Sementara untuk kendaraan golongan IV dan V dikenakan tarif Rp2.000 per kilometer. "Tapi itu nanti setelah tujuh hari diresmikan. Sepekan ke depan masih gratis," tutur dia.

David menerangkan besaran tarif itu merujuk Keputusan Menteri PUPR yang sudah dia terima. Menurut dia, ruas jalan tol Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer sudah dipasangi rambu-rambu lalu lintas dan dinyatakan lulus uji laik fungsi maupun uji laik operasi.

"Saat ini kami masih proses tiga gerbang tol di Bandara [Adi Soemarmo], Gondangrejo, dan Sragen Timur," tutur dia.

Pengerjaan gerbang tol di dekat Bandara Adisoemarmo, menurut dia, masih terkendala pembebasan lahan milik TNI AU. Sedangkan gerbang tol Sragen timur baru saja keluar surat keputusan (SK) penetapan lokasi (lahan) oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

"Sedangkan gerbang tol Gondangrejo sudah proses konstruksi. Walaupun sedang memproses tiga gerbang tol ini, tidak akan mengganggu pengoperasian jalan tol," kata dia.