Sekda Solo Dilantik Awal Januari

ilustrasi mutasi pejabat. (Solopos/Dok)
29 November 2018 10:30 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pemkot Solo memastikan sekretaris daerah (sekda) definitif akan dilantik awal Januari 2019. Saat ini, tiga nama calon sekda sudah diserahkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Ketiga calon sekda itu yakni Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Rakhmat Sutomo, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Suwarta, dan Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Ahyani.

Sebelumnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memanggil satu per satu ketiga calon tersebut untuk tes wawancara. “Ketiga calon ditanya bagaimana visi misinya nanti jika diberi amanah menjadi Sekda,” kata Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Promosi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Solo, Anwar Hamdani, kepada Solopos.com, Senin (26/11/2018).

Pada kesempatan itu, Pansel juga menyampaikan laporan tentang penyelenggaraan seleksi sekda kepada Gubernur dan Wakil Gubernur didampingi Sekda Provinsi Jateng. Pansel menjelaskan tentang penyelenggaraan seleksi promosi JPT Sekda yang berpegang pada prinsip transparansi, objektif, profesional, dan akuntabel.

Selama kegiatan seleksi berlangsung selalu diinformasikan kepada masyarakat melalui media massa dan didukung dokumen dan video. Apabila terdapat peserta yang tidak puas dengan hasil kerja Pansel, video itu dapat diputar.

Gubernur Jateng mengapresiasi laporan dari pansel karena selama pelaksanaan berjalan dengan baik dan dilaksanakan secara transparan dan objektif. “Gubernur bertanya kepada Pansel, tiga calon ini apakah memiliki hubungan baik dengan lingkungannya? Kami menjawab pansel telah mengadakan home visit ke seluruh peserta untuk melihat langsung lokasi rumah dan melakukan wawancara dengan masyarakat sekitar,” katanya.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan tiga calon memiliki kelebihan dan memiliki peluang yang sama untuk menjadi sekda. Ditanya apakah ada kriteria khusus mengingat dari ketiga calon itu ada yang senior dan junior, Wali Kota tak ingin terjebak dengan pertanyaan wartawan.

Menurutnya yang terpenting Sekda terpilih bisa menjadi pelayan masyarakat dan mampu menjalankan sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai sekda.

Wali Kota berharap sekda bisa segera ditetapkan dan dilantik. Setelah mengantongi surat rekomendasi Gubernur Jawa Tengah, Pemkot menindaklanjuti ke KASN.

“Kami berharap rekomendasi dari KASN turun Desember nanti. Jadi awal Januari, sekda definitif sudah dilantik,” katanya.