Ini Latar Belakang Munculnya Perekrutan Anggota PPK Tambahan

Sidang pemeriksaan kasus pelanggaran administrasi rekrutmen anggota PPK di Kantor Bawaslu Sukoharjo, Rabu (28/11 - 2018). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)
29 November 2018 13:15 WIB Rudi Hartono Wonogiri Share :

Solopos.com, WONOGIRI -- Proses perekrutan anggota tambahan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) memunculkan persoalan di beberapa daerah seperti Wonogiri dan Sukoharjo. Proses perekrutan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah itu dinilai menyalahi prosedur sehingga merugikan sejumlah calon anggota PPK.

Di Sukoharjo, kasus yang dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) oleh salah satu warga setempat itu bahkan sudah memasuki masa persidangan, Rabu (28/11/2018) sore. Lalu apa sebenarnya latar belakang adanya perekrutan tambahan anggota PPK ini?

Masalah bermula dari munculnya Peraturan KPU (PKPU) No. 3/2018 yang mengubah keanggotaan PPK yang tadinya lima orang per kecamatan sesuai PKPU No. 12/2017.

Akibat munculnya PKPU Np. 3/2018 itu, KPU harus mengeliminasi dua calon anggota PPK di tiap kecamatan yang sudah lolos tahap akhir perekrutan, yakni tes wawancara. KPU Wonogiri, misalnya, mengeliminasi total 50 anggota PPK dari 25 kecamatan.

Seiring berjalannya waktu ada pihak yang menggugat PKPU No. 3/2018 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Berdasar putusan MK No. 31/PUU-XVI2018 tertanggal 23 Juli 2018 pada pokoknya menyebutkan jumlah anggota PPK kembali menjadi lima orang/kecamatan.

Menindaklanjuti putusan MK tersebut, KPU pusat menerbitkan surat No. 1373/PP.05-SD/01/KPU/XI/2018 tertanggal 5 November 2018. Intinya meminta KPU di daerah/kota merekrut dua anggota PPK tambahan.

Perekrutan ditentukan dalam dua mekanisme, yakni pertama, perekrutan dengan mengakomodasi calon anggota PPK setiap kecamatan yang tereliminasi sebelumnya atau yang masuk daftar tunggu. Kedua, jika dalam verifikasi mereka tak memenuhi syarat, KPU bisa merekrut calon anggota PPK tambahan di luar PAW dengan dasar rekomendasi dari lembaga pendidikan atau lembaga profesi. Perekrutan anggota PPK tambahan dilaksanakan 10-20 November.