Kuliah di UT Surakata Sangat Mudah, Tak Ada Tes Masuk & Lulus pun Mudah

Gedung UPBJJ/UT Surakarta di Jl. Raya Solo/Tawangmangu Km 9,5, Sapen, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng). (Solopos.com/Ginanjar Saputra)
30 November 2018 22:40 WIB Adv Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Universitas Terbuka (UT) Surakarta yang kampusnya terletak di Jl. Raya Solo-Tawangmangu, Km 9,5, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng) memberikan beragam kemudahan bagi siapa saja yang ingin berkuliah. Bahkan, di perguruan tinggi negeri tersebut, tak ada tes masuk untuk menjadi mahasiswa.

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, menuturkan prosedur untuk bergabung di UT Surakarta juga sangat mudah. "Masuk di UT Surakarta sangat gampang. Registrasi hanya bermodal smartphone, enggak perlu repot datang. Selain itu juga enggak ada tes masuk," ujarnya.

Bukan hanya saat pendaftaran, untuk lulus dari UT Surakarta pun dipastikan cukup mudah. "Lulus juga gampang sepanjang mahasiwa mau belajar, rajin baca modul, dan tutorial yg bisa dilakukan melalui smartphone. Bahkan UT saat ini sedang mengembangkan sistem agar mahasiswa bisa ujian dimana saja, bahkan di kamar pun bisa," tutur perempuan 55 tahun tersebut.

Untuk urusan biaya, UT Surakarta bisa dibilang perguruan tinggi negeri yang bisa dijangkau seluruh lapisan masyarakat. Besarnya biaya kuliah dapat diatur oleh calon mahasiswa sesuai dengan sistem belajar yang akan ditempuh.

Biaya Rp1,75 juta mendapatkan bahan ajar cetak dan mengikuti tutorial tatap muka, atau biaya Rp1,3 juta mendapatkan bahan ajar cetak buku, atau biaya Rp35.000-Rp55.000/SKS sesuai dengan program studi dan bahan ajar cetak dibeli terpisah.

Pendaftaran di UT Surakarta dibuka setiap 9 Desember hingga 6 Februari. Pendaftaran bisa dilakukan di kampus UT Surakarta, Jl. Raya Solo-Tawangmangu, Km 9,5, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jateng. Calon mahasiswa juga bisa mendaftar secara online dengan membuka laman Ut.ac.id atau Surakarta.ut.ac.id dan bisa pula mengubungi nomor telepon 0271822629 serta SMS dan Whatsapp di nomor 081586862727.