Siap-Siap! UT Surakarta Buka Pendaftaran Desember Ini, Begini Cara Daftarnya

Mahasiswa UT Surakarta saat mengikuti pelatihan kepemimpinan di Kampus UT Surakarta, Jl Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jateng, Rabu (21/11 - 2018). (Solopos.com/Ginanjar Saputra)
01 Desember 2018 10:00 WIB Adv Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Universitas Terbuka (UT) Surakarta akan membuka pendaftaran mahasiswa baru pada 9 Desember 2019. Pendaftaran mahasiswa baru di UT Surakarta itu akan dibuka hingga 9 Februari 2019 mendatang.

Untuk mendaftar di UT Surakarta, caranya cukup mudah. Calon mahasiswa hanya perlu mendaftar online dengan membuka laman Sia.ut.ac.id. Selain itu, calon mahasiswa bisa datang ke kampus UT Surakarta di Jl. Raya Solo-Tawangmangu, Km 9,5, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng).

Berkas yang perlu disiapkan adalah fotokopi ijazah minimal SMA atau sederajat atau ijazah paket C, pas foto berwarna ukuran 2x3 dua lembar, dan pas foto berwarna ukuran 4x6 satu lembar. Khusus untuk pendaftar Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, bisa menyertakan SK mengajar.

Cara pendaftaran UT Surakarta.

Pendaftaran di UT Surakarta dijamin gratis tanpa pungutan biaya sepeser pun. Bahkan, calon mahasiswa tak perlu menjalani tes untuk menjadi bagian dari salah satu perguruan tinggi negeri di wilayah eks-keresidenan Surakarta tersebut.

Kemudahan dalam pendaftaran mahasiswa baru itu dipastikan Direktur UT Surakarta, Yulia Buidiwati. "Masuk di UT Surakarta sangat gampang. Registrasi hanya bermodal smartphone, enggak perlu repot datang. Selain itu juga enggak ada tes masuk," ujarnya.

UT Surakarta memiliki empat fakultas, yakni Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ekonomi (Fekon), Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan(FKIP) dan Fakultas Hukum Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FHISIP). Selain itu, UT Surakarta juga membuka Program Pascasarjana serta Program Pendidikan Berkelanjutan.(PPB).

Calon mahasiswa bisa bertanya langsung kepada pihak UT Surakarta dengan menghubungi nomor telepon 0271822629. Bukan hanya telepon, UT Surakarta juga menyediakan nomor untuk SMS atau Whatsapp di nomor 08158686 2727.