Kuliah di UT Surakarta, Kampus yang Datangi Mahasiswanya

Gedung UPBJJ/UT Surakarta di Jl. Raya Solo/Tawangmangu Km 9,5, Sapen, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng). (Solopos.com/Ginanjar Saputra)
01 Desember 2018 07:00 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Pendidikan merupakan kunci masa depan. Terkadang, tuntutan ekonomi membuat orang harus memilih bekerja terlebih dahulu. Dengan kata lain, tidak melanjutkan pendidikan ke universitas karena keterbatasan biaya.

Namun setelah bekerja, orang menjadi lebih sibuk dan sulit menyisakan waktu untuk melanjutkan studi. Padahal, ketatnya persaingan dalam dunia kerja dengan tujuan karier menuntut untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tak ada pilihan lain, selain harus kuliah karena belum memiliki ijazah sarjana.

Tapi kini, Anda tidak perlu khawatir. Bagi yang sudah menjadi karyawan dan ingin kuliah, Universitas Terbuka (UT) Surakarta memiliki jawabannya. UT Surakarta merupakan pelopor perguruan tinggi negeri dengan sistem kuliah jarak jauh atau kuliah online di Indonesia.

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, mengatakan kuliah bagi karyawan membutuhkan perlakuan khusus. Hal ini erat kaitannya dengan menyesuaikan antara waktu antara bekerja dengan kuliah.

Menurut direktut UT Surakarta tersebut, kini sudah bukan eranya mahasiswa yang datang ke kampus, namun kampus yang mendatangi mahasiswanya. "Sekarang saatnya kampus yang akan mendatangi Anda," ujar Yulia Budiwati.

Biaya pendidikan di UT Surakarta juga cukup terjangkau. Bahkan tidak ada biaya pengembangan institusi. Besarnya biaya kuliah dapat diatur oleh calon mahasiswa sesuai dengan sistem belajar yang ditempuh.

Biaya Rp1,75 juta mendapatkan bahan ajar cetak dan mengikuti tutorial tatap muka, atau biaya Rp1,3 juta mendapatkan bahan ajar cetak buku, atau biaya Rp35.000-Rp55.000/SKS sesuai dengan program studi dan bahan ajar cetak dibeli terpisah.

UT Surakarta memiliki empat fakultas, yakni Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ekonomi (Fekon), Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan(FKIP) dan Fakultas Hukum Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FHISIP). Selain itu, UT Surakarta juga membuka Program Pasca Sarjana serta Program Pendidikan Berke-lanjutan.(PPB).