Ujian TKB CPNS Solo Diikuti 930 Orang

Pelaksanaan CAT sesi I untuk seleksi CPNS 2018 di GOR Diponegoro, Sragen, Jumat (26/10 - 2018). (Solopos/M. Ferri Setiawan)
04 Desember 2018 10:15 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Tes kemampuan bidang (TKB) untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Solo akan diikuti 930 orang.

Mereka terdiri atas peserta yang lolos seleksi tes kemampuan dasar (TKD) baik sesuai Permenpan Nomor 37/2018 maupun Permenpan Nomor 61/2018. Seleksi TKB ini bakal menentukan para peserta lolos menjadi CPNS di lingkungan Pemkot Solo.

Penerimaan CPNS Kota Solo 2018 membuka 461 lowongan dengan perincian 219 lowongan tenaga pendidikan, 191 tenaga kesehatan, dan 37 lowongan tenaga teknis lain. Selain itu ada lowongan khusus bagi pelamar cumlaude atau lulusan terbaik sebanyak sembilan lowongan, serta penyandang disabilitas (tunadaksa kaki) sebanyak lima lowongan.

Namun dari 461 lowongan, ada 25 lowongan yang tidak diminati pelamar. Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Solo Dwi Ariyatno sebelumnya memerinci beberapa lowongan yang nol peminat di antaranya guru kelas sekolah dasar, pemeriksaan jalan dan jembatan, pengawas jalan dan jembatan, serta dokter spesialis.

Ujian TKB sedianya dilaksanakan awal bulan ini, namun hingga kini belum ada kejelasan soal pelaksanaan ujian tersebut.

Pemkot Solo masih menunggu kepastian jadwal dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB).

“Sesuai rencana awal mestinya TKB dilaksanakan mulai 4 Desember ini. Tapi ditunda karena ada lelang ulang di pusat untuk pengadaan alatnya,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan Pemberhentian dan Informasi (PPI) Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Solo, Lisino Soares, ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Senin (3/12/2018).

Berdasarkan koordinasi terakhir, pelaksanaan seleksi TKB akan dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Sragen. Lokasi tersebut sama dengan seleksi tes kemampuan dasar (TKD) beberapa waktu lalu.

Namun demikian, Pemkot tetap menunggu kepastian dari pemerintah pusat terkait lokasi pelaksanaan seleksi TKB. Apakah akan dilaksanakan di Kabupaten Sragen atau lokasi lainnya. “Yang jelas informasi TKB akan dilaksanakan bulan ini,” tambah Lisino.