Harga Daging Ayam di Klaten Mulai Naik Jelang Akhir Tahun

Penjual daging ayam melayani pembeli di Pasar Darurat Delanggu, Senin (3/12 - 2018). (Solopos/Ponco Suseno)
04 Desember 2018 12:35 WIB Ponco Suseno Klaten Share :

Solopos.com, KLATEN -- Harga daging ayam di pasar tradisional Klaten mulai merangkak naik dalam dua hari terakhir. Harga daging tersebut diprediksi terus naik secara bertahap hingga mendekati pergantian tahun 2018 ke tahun 2019.

Salah satu pedagang daging ayam di Pasar Darurat Delanggu, Titik, 40, mengatakan harga daging ayam per kilogram saat ini Rp33.000. Harga tersebut naik Rp1.000 dibandingkan dua hari sebelumnya.

“Saat ini sudah memasuki awal Desember. Sebentar lagi pergantian tahun. Tren saat pergantian tahun memang harga kebutuhan pokok naik bertahap. Harga tertinggi daging ayam bisa mencapai Rp38.000 per kilogram,” katanya saat ditemui Solopos.com di Pasar Darurat Delanggu, Senin (3/12/2018).

Titik mengatakan kenaikan harga daging ayam tak akan mempengaruhi penjualan sehari-hari. Dalam sehari, Titik menjual 1,5 kuintal daging ayam ke para pelanggan.

“Harga daging ayam mulai naik. Tapi, pelanggan saya menanggapi biasa saja. Tidak ada yang komplain. Rata-rata, pelanggan saya sudah mengetahui juga saat ini sudah mendekati pergantian tahun. Yang penting barangnya ada alias tidak langka. Mendekati pergantian tahun biasanya saya menambah stok daging sekitar 20 kilogram,” katanya.

Hal senada penjual daging ayam lainnya, Sri Wajarwati, 48. Sebagian besar penjual daging ayam di kawasan Delanggu sudah mengetahui tren kenaikan harga menjelang pergantian tahun.

“Betul, kenaikan harga daging ayam berkisar Rp1.000 per kilogram. Harga sekarang di pasaran Rp33.000. Kalau harga sudah naik, biasanya terus naik. Saya hanya berharap barang di pasaran tidak langka agar situasinya kondusif,” katanya.

Sri Wajarwati mengatakan harga tertinggi daging ayam berlangsung saat Lebaran. “Di saat Lebaran itu harga daging ayam bisa di atas Rp40.000 per kilogram. Dalam kurun waktu satu tahun, rekor harga tertinggi biasanya ya saat Lebaran itu,” katanya.