Dokter Anak Solo Endang Tatar Berpulang, Bertangan Dingin & Suka Pajang Foto Pasien

Dokter Anak Endang Tatar (Istimewa)
05 Desember 2018 21:20 WIB Ratih Kartika Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Dokter anak, dr. Endang Dewi Lestari atau biasa disapa Endang Tatar meninggal dunia karena mengalami gagal ginjal, Rabu (5/12/2018) pukul 04.50 WIB. Karangan bunga dari berbagai instansi maupun perorangan masih memenuhi halaman rumah duka Endang Dewi Lestari atau biasa dipanggil dokter Endang Tatar di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 27, Kelurahan Purwosari, Rabu  (5/12/2018) sore.

Endang Tatar adalah dokter yang paling dikenal karena bertangan dingin saat menangani anak-anak yang berobat ke kliniknya. Bahkan anak-anak akan tersenyum ketika datang kembali untuk periksa pada almarhumah Endang Tatar.

Suami mendiang Endang Tatar bercerita pada Solopos.com, alasan anak-anak yang datang ke rumah untuk berobat. Tatar Sumandjar mengatakan mendiang istrinya adalah seorang bertangan dingin saat menangani pasien-pasiennya.

Bahkan di dalam meja kerjanya yang kebetulan berlapis kaca, tersimpan foto-foto pasien-pasiennya. Hal itu dikarenakan dokter Endang Tatar selalu meminta foto pasien-pasiennya saat berobat ke kliniknya tersebut.

“Itu [meminta foto pasiennya sebagai dokumentasi] salah satu kebiasaan almarhumah kepada pasien-pasiennya. Pasien-pasiennya akan mengingat foto-foto itu saat mereka kembali berobat. Mereka akan tersenyum saat mengingat foto-foto itu,” jelas Tatar, Rabu.

Tatar menjelaskan tangan dingin mendiang isterinya itu membuat anak-anak yang berobat ke kliniknya menjadi menyukainya. Selain itu, Tatar juga mengatakan pelayat-pelayat bukan hanya berasal dari tetangga, kerabat, maupun rekan-rekan satu profesi, pasien-pasien mendiang isterinya dan ibu pasien-pasien tersebut ikut melayat.

“Orangtua pasien bu dokter [mendiang Endang Tatar], ada yang pernah menajdi pasiennya, dan kini sudah menjadi mahasiswa. Pasien-pasien itu dulunya ada yang mengalami down sindrom, gangguan darah, dan lainnya,” jelas Tatar.