Solopos Hari Ini: Mantan Bupati Sragen Agus Tersangka Kasus Kasda

Harian Umum Solopos edisi Kamis (6/12 - 2018).
06 Desember 2018 11:00 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO — Kejaksaan Negeri (Kejari) Sragen menetapkan mantan Bupati Sragen Agus Fatchurrahman sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi kas daerah (kasda) 2003-2010.

Agus yang kini menjadi calon anggota legislatif (caleg) DPR dari Partai Golkar itu dikenai Pasal 2 dan 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman minimal 1 tahun dan maksimal 20 tahun. Penjelasan itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sragen, Muhamad Sumartono, saat dihubungi Solopos di sela-sela rapat kerja di Bandungan, Kabupaten Semarang, Rabu (5/12/2018).

Kabar tentang penetapan nama mantyan bupati Sragen menjadi tersangka kasus korupsi itu menjadi berita utama di Harian Umum Solopos edisi hari ini. Berita itu bisa disimak selengkapnya di E-Paper Solopos.

Halaman utama Harian Umum Solopos edisi hari ini juga dihiasi dengan kabar terbaru tentang tragedi penembakan di jalur Trans Papua. Sebanyak 15 korban penembakan telah ditemukan.

15 Korban Ditemukan

Aparat gabungan TNI dan Polri menemukan 15 jenazah pekerja proyek jembatan di jalur Trans-Papua yang dibantai kelompok kriminal bersenjata (KKB). Namun, evakuasi belum bisa dilakukan karena kendala cuaca. Para korban itu ditemukan aparat gabungan di Distrik Yigi, Nduga, Papua, Rabu (5/12/2018).

"Akan dievakuasi secepatnya, namun semua tergantung cuaca. Kalau cuaca di Wamema bagus akan dibawa ke Wamena, namun bila tidak [baik] akan dibawa ke Timika," ujar Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Kolonel Jonatan Binsar P. Sianipar.

Baca selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya pada Harian Umum Solopos edisi hari ini, ada kabar terbaru tentang SKB CPNS 2018. Ada pula berita terbaru mengenai macan Gunung Lawu yang belakangan hari ini menghantui masyarakat Karanganyar.

Tes SKB Dimulai 8 Desember

Jadwal pelaksanaan tes seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 untuk sembilan kabupaten/kota yang akan dilaksanakan di GOR Diponegoro Sragen molor lagi sehari. Tes SKB yang semula dijadwalkan mulai Jumat-Kamis (7-13/12) mundur sehari menjadi Sabtu-Jumat (8-14/12).

Penjelasan itu disampaikan Kabid Perencanaan dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sragen, Dwi Agus Prasetyo, saat ditemui Solopos di sela-sela tinjauan persiapan tes SKB di GOR Diponegoro Sragen, Rabu (5/12/2018). "Kami baru mendapat pemberitahuan mundur sehari pada Selasa sore. Kenapa molor sehari, itu BKN yang berwenang. Saya tidak tahu. Yang jelas persiapannya biar lebih baik. Dari pada tanggal 7 Desember, nyatanya masih setting laptop. Bisa susah kami yang ketempatan," kata Agus, sapaan akrabnya.

Simak secara lengkap di: E-Ppaper Solopos.

BKSDA: Pasokan Makanan Macan Cukup

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah memastikan makanan alami di Gunung Lawu untuk hewan predator seperti macan masih tersedia. Petugas BKSDA Jateng belum lama ini melakukan penelusuran dan mendapati sejumlah kijang masih ada di Gunung Lawu.

Petugas BKSDA juga mendapatkan informasi dari warga yang masih menemukan sejumlah kijang di kawasan itu. Kepala Seksi (Kasi) Konservasi BKSDA Wilayah I Jateng, Titik Sudaryanti, meyakini penyebab macan Gunung Lawu turun ke permukiman warga dan menyerang hewan ternak bukan karena stok makanan di gunung habis.

Baca secara lengkap di: E-Paper Solopos.