Seluruh Pendaftar Maba UT Surakarta Dijamin Diterima

Mahasiswa baru UT Surakarta. (Solopos.com/Ginanjar Saputra)
08 Desember 2018 11:00 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Universitas Terbuka (UT) Surakarta menjamin seluruh pendaftar yang ingin menjadi mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri tersebut diterima. Hal itu sesuai dengan slogan UT Surakarta, yaitu Making Higher Education Open to All atau Membuat Pendidikan Tinggi Terbuka bagi Semuanya.

Selain itu, UT Surakarta memang tak menerapkan sistem seleksi untuk calon mahasiswa baru. Hal itu dipastikan Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati.

Namun sistem tanpa seleski itu hanya berlaku bagi calon mahasiswa baru UT Surakarta untuk jenjang diploma dan sarjana. "Oleh karena UT tidak menerapkan sistem seleksi untuk jenjang diploma dan sarjana, maka semua mahasiswa yang mendaftar ke UT Surakarta akan diterima, kecuali untuk mahasiswa jenjang magister yang memang menerapkan seleksi penerimaan mahasiswa baru," ungkap Yulia Budiwati kepada Solopos.com, Jumat (7/12/2018).

Dengan sistem tanpa seleksi itu, masyarakat diharapkan lekas mendaftar di UT Surakarta agar bisa mendapatkan pendidikan tinggi berkualitas. "Dengan sistem tanpa seleksi ini diharapkan banyak masyarakat wilayah eks-Keresidenan Surakarta dan Salatiga serta Grobogan berminat untuk masuk ke UT," lanjut direktur UT Surakarta tersebut.

UT Surakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru mulai 3 Desember 2018 hingga 9 Februari 2019. Pendaftaran bisa dilakukan di kantor UT Surakarta, Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng) atau secara online dengan membuka Sia.ut.ac.id serta Surakarta.ut.ac.id.