Tips Berwisata ke Tawangmangu Karanganyar Saat Musim Penghujan

Rambu/rambu terpasang di jalan tembus Tawangmangu/Cemoro kandang, Karanganyar. (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
08 Desember 2018 14:15 WIB Irawan Sapto Adhi Karanganyar Share :

Solopos.com, KARANGANYAR -- Warga atau para wisatawan diminta lebih mempersiapkan diri ketika ingin berwisata ke wilayah Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dalam waktu dekat ini. Pasalnya, kini telah memasuki musim penghujan.

Kapolsek Tawangmangu, Iptu Ismugiyanto, menyarankan warga agar berangkat ke Tawangmangu pada pagi hari. Pasalnya, berdasarkan pengalaman belakangan ini, wilayah Tawangmangu selalu diguyur hujan ketika menginjak siang sekitar pukul 11.00 WIB.

Dia menegaskan kondisi jalanan di Tawangmangu otomatis menjadi lebih licin ketika diguyur air hujan. Bukan hanya hujan, Kapolsek menyebut jalanan di wilayah Tawangmangu belakangan juga kerap diselimuti kabut cukup tebal mulai sekitar pukul 11.00 WIB.

Dia menilai, musim hujan dan keberadaan kabut itu perlu diantisipasi warga. Dia pun menyarankan kepada warga atau para wisatawan untuk sebisa mungkin menghindari naik ke Tawangmangu di waktu menjelang siang selama musim penghujan.

"Di musim hujan seperti ini kami mengimbau kepada masyarakat untuk lebih hati-hati ketika ingin ke Tawangmangu. Pasalnya, jalanan menjadi licin dan berkabut," jelas Kapolsek saat diwawancarai solopos.com di Karanganyar, Senin (3/12/2018).

Kapolsek menyampaikan bukan tidak mungkin hujan terjadi juga pada pagi hari. Dia mengimbau, jika hujan tak terhindarkan, warga maupun para wisatawan sebaiknya meningkatkan kewaspadaan ketika tengah berkendara. Kapolsek meminta warga untuk lebih fokus memperhatikan kondisi jalan.

Menurut dia, pengendara sebaiknya membuka GPS/Maps di gawai ketika tengah berkendara di jalanan Tawangmangu atau jalan tembus Sarangan saat hujan dan berkabut.

"Perlu diingat, jalanan ke Tawangmangu banyak tikungan tajam. Ketika jalanan diguyur hujan dan berkabut, pengendara harus lebih siap. Perhatikan rambu-rambu yang ada di sepanjang jalan," jelas Kapolsek Taangmangu.