Demi Mahasiswa Baru, UT Surakarta Genjot Promosi

Gedung UPBJJ/UT Surakarta di Jl. Raya Solo/Tawangmangu Km 9,5, Sapen, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng). (Solopos.com/Ginanjar Saputra)
10 Desember 2018 01:00 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Demi menggaet mahasiswa baru, Universitas Terbuka (UT) Surakarta menggenjot sosialisasi dan promosi. UT Surakarta memang memiliki misi untuk membuat seluruh lapisan masyarakat bisa mengenyam pendidikan tinggi.

Direktur UT Surakata, Yulia Buidiwati, menjelaskan perguruan tinggi negeri yang ia pimpin tersebut bahkan telah menggenjot sosialisasi dan promosi sejak dua bulan hingga tiga bulan sebelum pendaftaran mahasiswa baru dibuka. "Sekitar dua hingga tiga bulan menjelang pembukaan pendaftaran, UT akan meningkatkan sosprom [sosialisasi dan promosi] melalui berbagai media," ujar Yulia kepada Solopos.com.

Sosialisasi dan promosi itu, lanjut Yulia, dilakukan dengan mendatangi tempat-tempat pelayanan publik, misalnya ke dinas kependudukan dan catatan sipil serta ke tempat yang menjadi kerumunan masyarakat, misalnya lokasi car free day, kunjungan ke instansi mitra, atau kunjungan ke instansi swasta lainnya.

Selain itu, sosialisasi dan promosi UT Surakarta juga dilakukan melalui berbagai media massa dan ke sekolah-sekolah. "Sosprom juga dilakukan melalui media radio dan televisi, seperti acara talkshow. Juga dilakukan kunjungan mahasiswa UT ke sekolah SLTA-nya, dan lain-lain," jelasnya.

Yulia menjelaskan kegiatan sosialisasi dan promosi UT Surakarta bukan hanya dilakukan menjelang masa pendaftaran mahasiswa baru. Ia menegaskan sosialisasi dan promosi UT Surakarta dilakukan sepanjang masa.

UT Surakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru pada 3 Desember 2018 hingga 9 Februari 2019. Pendaftaran bisa dilakukan langsung di kampus UT Surakarta di Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng) atau secara online di laman Sia.ut.ac.id.