Warga Solo Beberkan di Balik Layar Produksi Helm Jokowi

Helm karya Oki warga Solo (Istimewa)
10 Desember 2018 09:00 WIB Kurniawan Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Pemuda asal Gulon RT 005/RW 020 Jebres, Solo, ini, terbilang beruntung. Sebab di usianya yang masih muda dia sudah pernah berkolaborasi dengan sejumlah tim kreatif kenamaan Tanah Air.

Oki Nandi Wardhana, 29, pernah berkolaborasi dengan tim kreatif Presiden Joko Widodo (Jokowi).  membuat grafis (gambar) untuk helm fullface dengan warna dasar biru telur asin.

Untuk grafis helm Jokowi  itu Oki menggabungkan tulisan pendek dengan gambar-gambar seperti keriss yang merupakan simbol masyarakat Jawa. Menariknya, Oki dan tim juga memasukkan gambar astronot.

Yang menjadi ciri khas yaitu gambar Jokowi dengan ukuran tak besar. Ada juga kata-kata seperto Rukun Agawe Urup, Sekali Berkarya Tetap Berkarya, dan Karya Adalah Doa.

Untuk membuat desain grafis itu Oki dan tm Jokowi melakukannya secara manual. Dilihat dari grafis yang didesain, tentu tidak mudah untuk membuat grafis itu di sebuah helm.

Tak heran bila Oki membanderol helm itu dengan harga hingga Rp6 juta. "Harganya sepada dengan fisik helmnya. Semua kami kerjakan dengan detail dan penuh perhitungan," urai dia.

Oki mengaku bangga bisa mendesain helm retro untuk orang nomor satu di negeri ini. Walau tingkat kesulitannya jauh lebih tinggi, Oki mengaku tidak masalah dengan hal itu.

"Harga helm ditentukan tingkat kesulitan pembuatannya, mulai dari bentuk hingga desain grafisnya. Kalau standar sih saya jual Rp1,4 juta per helm. Untuk grafis tambahan ada biaya lagi," kata dia.

Oki menyatakan helm buatannya berbeda dengan produk sejenis lainnya. Setiap konsumen dapat memesan jenis dan desain helm sesuai selera asal harganya sudah cocok. "Bagi yang tertarik dapat lihat-lihat atau pesan langsung di tempat produksi kami di Sekarpacae, Jebres, atau secara online. Bisa bawa desain sendiri atau lihat referensi kami," urai dia.