Ssst! Ini Rahasia Kuliah Sambil Kerja

Ilustrasi buku. (Pexels.com)
12 Desember 2018 21:40 WIB Ginanjar Saputra Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Sebagian orang tentu ingin berkuliah sembari bekerja. Selain untuk menutupi biaya membengkak, tentu agar pekerjaan yang sudah didapatkan tak lenyap karena harus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa berkuliah sembari bekerja. Berikut tips kuliah sembari bekerja yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber:

1. Terapkan Prioritas
Tetapkan prioritas antara kuliah dan bekerja! Mahasiswa harus bisa membagi antara prioritas pekerjaan dan prioritas kuliah. Jangan sampai masalah kuliah mengganggu pekerjaan atau sebaliknya.

2. Cermat Bagi Waktu
Mahasiswa yang berkuliah sembari bekerja harus bisa membagi waktu antara pekerjaan dan kuliah. Tugas kuliah harus diselesaikan secepat mungkin agar tak mengganggu waktu bekerja.

3. Pastikan Tempat Bekerja Tahu Jika Anda Kuliah
Ketika Anda bekerja sambil kuliah, pastikan pihak kantor mengetahui hal tersebut. Buatlah semuanya secara transparan. Mengapa harus demikian? Karena apabila ada urusan di kampus yang penting seperti UTS, UAS, atau bahkan sidang skripsi, Anda akan mendapatkan dispensasi dari kantor.

4. Pilih Perguran Tinggi yang Tepat
Calon mahasiswa tentu harus mampu memiliih perguruan tinggi yang bisa menyediakan ruang untuk mahasiswa yang bekerja. Universitas Terbuka (UT) Surakarta merupakan perguruan tinggi yang sangat pas bagi yang ingin berkuliah sambil bekerja.

Di UT Surakarta, mahasiswa tak perlu datang ke kampus untuk mengikuti. Hal itu karena UT Surakarta menerpakan sistem belajar jarak jauh atau yang disebut kuliah online. Kemudahan bukan hanya didapatkan melalui perkuliahan saja, namun semua hal terkait administrasi juga bisa dilakukan secara online.

UT Surakarta membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru mulai 3 Desember 2018 hingga 9 Februarai 2019. Calon pendaftar bisa mendaftar langsung di Kampus UT Surakarta di Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng). Pendaftaran juga bisa dilakukan secara online di laman Sia.ut.ac.id.