SOLOPOS.COM - Para warga di wilayah Desa Peleman, Kecamatan Gemolong, Sragen, mencairkan bantuan PIP secara simbolis yang disalurkan PAC PDIP Gemolong, Sragen, Senin (29/8/2022). (Istimewa/Daryanto)

Solopos.com, SRAGEN—Sebanyak 1.200 siswa dari jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK di wilayah Kecamatan Gemolong dan Kalijambe mendapatkan surat keputusan (SK) pencarian Program Indonesia Pintar (PIP) yang dipusatkan di Desa Peleman, Gemolong, Sragen, Senin (29/8/2022) sore.

Bantuan PIP yang cair di dua kecamatan tersebut senilai Rp1,03 miliar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Penjelasan itu diungkapkan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Gemolong, Daryanto, kepada Solopos.com, Selasa (30/8/2022).

Dia menerangkan penyerahan SK pencarian secara simbolis dilaksanakan di wilayah Desa Peleman, Kecamatan Gemolong, Sragen.

Dalam momentum itu, Daryanto menyampaikan sosialiasi tentang adanya usulan tambahan untuk penerima PIP karena ada tambahan kuota untuk Sragen cukup banyak.

Daryanto menyampaikan penerima PIP di wilayah Kecamatan Gemolong untuk jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK sebanyak 1.000-an orang dan sisanya berasal dari wilayah Kecamatan Kalijambe.

“PIP ini merupakan aspirasi Mbak Puan Maharani [Ketua DPR RI] dengan difasilitasi Ibu Agustina Wilujeng Pramestuti [anggota DPR RI dari Dapil IV Jawa Tengah]. Penyerahan bantuan PIP secara langsung ini dilakukan untuk memastikan bahwa bantuan PIP ini benar-benar tepat sasaran dan tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang mencari keuntungan pribadi,” ujarnya.

Daryanto sebagai kader PDIP Sragen wajib mengawal proses pencairan sampai tuntas dan mengusulkan para siswa dari kalangan keluarga kurang mampu.

Daryanto mengatakan upaya yang sama juga dilakukan pimpinan dan kader PDIP lainnya, seperti yang dilakukan Ketua DPC PDIP Sragen Untung Wibowo Sukawati dan Ketua Komisi IV DPRD Sragen Sugiyamto yang datang ke sekolah-sekolah untuk menyampaikan sosialisasi kepada para pelajar.

“Saya juga sempat ke sekolah-sekolah dan ke rumah-rumah penerima untuk tatap muka langsung dengan orang tua siswa,” jelasnya.

Dia memerinci jumlah penerima PIP di Gemolong-Kalijambe untuk jenjang SD sebanyak 400 orang atau senilai Rp180 juta, penerima PIP jenjang SMP sebanyak 200 orang senilai Rp150 juta, dan penerima PIP jenjang SMA/SMK sebanyak 700 orang atau senilai Rp700 juta. Total PIP di dua kecamatan itu, sebut dia, mencapai lebih dari Rp1 miliar.

Dia menerangkan bantuan PIP untuk SD itu senilai Rp450.000/orang, SMP Rp750.000/orang, dan SMA/SMK sebanyak Rp1 juta/orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya