SOLOPOS.COM - Ilustrasi PKL di Karanganyar. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos,com, KARANGANYAR — Car free day (CFD) di Jl. Adisucipto wilayah Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar yang dimulai 25 September akan diramaikan sedikitnya 1.300 pedagang kaki lima (PKL) dan pelaku UMKM.

Informasi tersebut didapat dari hasil pendataan PKL dan UMKM calon peserta CFD oleh pemerintah Kecamatan Colomadu melalui Google Form sejak Kamis (8/9/2022). Hasilnya ada ada 1.338 PKL dan pelaku UMKM yang tertarik  berpartisipasi dalam CFD tersebut.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

CFD Colomadu akan digelar di sepanjang Jl. Adisucipto mulai perempatan Colomadu hingga pertigaan The Alana Hotel and Convention Center. Di sepanjang area CFD yang  sekitar 3,4 km itulah 1.338 PKL dan pelaku UMKM akan menggelar lapak dagangan mereka. Produk mereka macam-macam, mulai dari kuliner hingga peralatan rumah tangga.

Camat Colomadu, Sriyono Budi Santoso, mengatakan para PKL maupun pelaku UMKM yang mendaftar tidak hanya warga Colomadu. Banyak juga yang berasal dari luar Kabupaten Karanganyar.

Baca Juga: Fix! Car Free Day Colomadu Karanganyar akan Dimulai 25 September 2022 

“Mereka juga tidak hanya dari Colomadu atau Kabupaten Karanganyar,  tetapi juga dari Solo, Sukoharjo, Boyolali, dan lainnya,” ujarnya, Jumat (9/9/2022) di Setda Karanganyar.

Pihaknya belum akan membatasi jumlah PKL dan pelaku UMKM yang akan berpartisipasi di CFD Colomadu tersebut. Namun jika nanti jumlahnya terlalu banyak akan dievaluasi. Hal ini berkaitan dengan kapaaitas lahan untuk menggelar produk mereka.

“Semoga cukup menampung mereka semua,” ujarnya.

Sementara itu, pengelolaan lahan parkir akan diserahkan kepada karang taruna atau pemuda desa yang wilayahnya masuk dalam deretan CFD.

Baca Juga: Pengelola Hotel di Colomadu Dukung Penuh Realisasi CFD di Jl. Adisucipto

Seperti diberitakan, CFD di Jl. Adisucipto wilayah Colomadu, Kabupaten Karanganyar akan dilaksanakan mulai 25 September 2022. Event rutin tiap Minggu pagi ini akan diberlakukan dari simpang empat Colomadu hingga simpang tiga The Alana Hotel and Convention Center.

Kepastian itu disampaikan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Jumat (9/9/2022). Menurutnya, CFD menjadi event yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Colomadu. Bahkan, masyarakat sekitarnya di luar Colomadu juga ikut menanti kegiatan sehari bebas kendaraan bermotor tersebut.

“Event ini ditunggu oleh masyarakat Colomadu dan sekitarnya. Saya yang bertanggung jawab atas event ini, supaya ekonominya tumbuh dan bangkit,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya