SOLOPOS.COM - Peserta Program Mudik Gratis dari Monas Jakarta tiba di Terminal Tirtonadi Solo, Senin (17/4/2023) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 55 bus pengangkut penumpang Program Mudik Gratis yang diberangkatkan dari Monas, Jakarta, tiba secara bergelombang di Terminal Tirtonadi, Senin (17/4/2023) petang.

Bus-bus itu berangkat dari Jakarta pukul 09.00 WIB dan diperkirakan tiba di Solo pukul 20.00 WIB. Tapi ternyata bus-bus tersebut datang lebih awal sekira dua jam.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Pukul 18.00 WIB ternyata sudah datang,” ujar Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono.

Kendati bus-bus tersebut tiba lebih cepat, menurut dia tidak ada masalah. Sebab persiapan menyambut kedatangan para pemudik sudah dilakukan jauh-jauh hari.

“Kami sudah persiapan jauh hari. Sehingga kedatangan rombongan bus mudik gratis yang lebih cepat tidak menjadi masalah,” ungkap dia.

Salah satu persiapan menyambut kedatangan pemudik, menurut Bandiyono dengan mengerahkan ratusan personel. Skema khusus selama musim mudik juga telah diberlakukan. Seperti pengaturan lalu lintas di sekitar terminal dengan banyaknya penjemput yang mengendarai mobil. Mereka diatur lebih lanjut.

“Juga penumpang yang tidak tahu tentang transportasi lanjutan, sehingga penempatan petugas bisa meminimalisasi hal-hal seperti itu,” kata dia.

Ihwal jumlah pemudik yang ikut Program Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta, menurut Bandiyono, sebanyak 1.846 orang. Mereka diangkut menggunakan 55 bus dari kawasan Monas ke Terminal Tirtonadi.

Sementara untuk sepeda motor milik para pemudik telah tiba lebih dulu beberapa jam di Terminal Tirtonadi. Para pemudik bisa langsung membawa pulang sepeda motor mereka.

“Pantauan kami dari 80 unit kendaraan yang datang, tersisa tiga unit yang belum diambil pemiliknya. Pada hari Selasa [18/4/2023] Terminal Tirtonadi akan kedatangan lagi dua truk pengangkut sepeda motor dari Program Mudik Gratis Kemenhub,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya