SOLOPOS.COM - Pemberian hadiah kepada pemenang berbagai lomba dalam penutupan Sukoharjo Agropolitan Expo (SAE) di Sentra Niaga Terpadu The Park Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Minggu (23/10/2022). (Istimewa/DPP Sukoharjo).

Solopos.com, SUKOHARJO — Nilai transaksi dalam pameran pertanian dan peternakan bertajuk Sukoharjo Agropolitan Expo (SAE) 2022 di Sentra Niaga Terpadu The Park Solo Baru, Sukoharjo, Jumat-Minggu (14-23/10/2022) mencapai Rp 1,27 miliar.

Selain transaksi miliaran tersebut, juga ada MoU penjualan sebesar Rp250 juta antara peserta pameran dengan pembeli.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Selama ekspo tersebut ada transaksi senilai Rp1,27 miliar dan ada MoU penjualan sebesar Rp250 juta. Dengan kegiatan ini kami cukup berbangga hati karena bisa mendorong pertumbuhan ekonomi pasca pandemi melalui kegiatan Agropolitan Expo,” terang Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (DPP) Kabupaten Sukoharjo, Bagas Windaryatno kepada Solopos.com, Senin (24/10/2022).

Bagas mengatakan dengan suksesnya kegiatan tersebut maka ke depan mereka akan mengadakan kegiatan serupa pada Juli 2023 mendatang dengan mengembangkan konsep dan materi pameran yang lebih banyak.

Tentunya berdasarkan masukan dari masyarakat dan berbagai stake holder dinas pertanian.

Baca juga: Juara Lomba Krenova 2022 akan Diseleksi Lagi untuk Mendapat Pendanaan

“Agropolitan Expo akan menjadi agenda tahunan yang semakin hari akan kami kembangkan baik materi dan acaranya. Sehingga bisa menarik masyarakat dan menumbuhkan minat, semangat, rasa percaya diri kepada para petani agar berusaha lebih baik. Sehingga Sukoharjo benar-benar menjadi penyangga pertanian yang hebat,” ucap Bagas.

Lebih lanjut dengan diversifikasi produk ke depan diharapkan bisa meningkatkan target transaksi di ekspo berikutnya. Dia juga mengaku kolaborasi stake holder cukup luar biasa, dia merasa mendapatkan support yang hebat dari berbagai pihak.

Dalam penutupan Sukoharjo Agropolitan Expo, DPP Sukoharjo juga memberikan hadiah kepada para pemenang lomba.

Di antaranya pemenang lomba mewarnai, kontes kambing, kontes domba, stand terbaik dengan kategori penampilan, inovasi, hingga transaksi tertinggi. Tak hanya itu mereka juga memberikan hadiah pada pemenang lomba cerdas cermat petani milenial.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Susilo mengatakan perputaran terbanyak selama SAE berlangsung berada di sektor kuliner, kegiatan itu diikuti oleh 70 pelaku usaha.

Baca juga: Catat Tanggalnya! Perajin Sukoharjo bakal Gelar Pameran dan Pelatihan Patchwork

Sementara acara tersebut memamerkan produk peternak Sukoharjo seperti kambing, ayam, dan entok. Selain itu SAE juga menampilkan aneka tanaman seperti bonsai dan tanaman hias, serta produk pertanian petani Sukoharjo seperti tanaman buah dan produk hidroponik.



Kegiatan itu juga diisi dengan vaksin rabies dan USG gratis bagi masyarakat yang miliki hewan peliharaan, tujuh talkshow yang diadakan dengan tema berbeda dalam waktu sepekan, kontes domba, serta Sukoharjo Fashion Sheep.

Selanjutnya, ada juga kontes kambing favorit, srawung bareng Tyto Alba, lomba cerdas cermat, uji citarasa produk, serta hiburan lainnya. Selain menampilkan produk pertanian, Sukoharjo Agropolitan Expo juga menampilkan stand makanan yang dapat dinikmati masyarakat yang berkunjung.

Sebelumnya, Ketua Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) DPC Sukoharjo Sukoharjo, Wiyono, dari Jaya Muda Farm, Mranggen, Polokarto, berharap fashion show kambing-domba di Sukoharjo yang menjadi salah satu kegiatan SAE dapat memotivasi calon peternak dari berbagai lini.

Baca juga: Event Health and Beauty di Solo Paragon Mall, Tebar Diskon sampai 50 Persen!

“Harapan ke depan kami peternak sekarang bisa mengolah, memanajemen peternakan agar lebih memberikan keuntungan. Tidak hanya [peternak yang berlabel] tradisional, ngarit, angon, tetapi juga [pekerja] bisa kantoran dan beternak,” ungkap Wiyono beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Menkeu Sri Mulyani Serahkan Kebijakan PPN 12 Persen ke Pemerintahan Baru

Menkeu Sri Mulyani Serahkan Kebijakan PPN 12 Persen ke Pemerintahan Baru
author
Newswire , 
Anik Sulistyawati Selasa, 21 Mei 2024 - 06:47 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pajak. (freepik).

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyerahkan kelanjutan rencana kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 12 persen kepada pemerintahan baru.

“Untuk PPN, kami serahkan kepada pemerintahan yang baru,” kata Sri Mulyani saat konferensi pers usai menyampaikan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) kepada DPR di Jakarta, Senin (20/5/2024) seperti dilansir Antaranews.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga mengatakan penetapan kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 12 persen tergantung dari keputusan pemerintahan selanjutnya.

“Tergantung pemerintah [selanjutnya], programnya nanti seperti apa,” kata Menko Airlangga seusai Rapat Koordinasi Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) di Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Koran Solopos

Rencana kenaikan PPN 12 persen sebelumnya telah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

Dalam UU HPP disebutkan bahwa berdasarkan Pasal 7 ayat 1 UU HPP, tarif PPN yang sebelumnya sebesar 10 persen diubah menjadi 11 persen yang sudah berlaku pada 1 April 2022 lalu, dan kembali dinaikkan 12 persen paling lambat pada 1 Januari 2025.

Jika pemerintahan selanjutnya sepakat untuk menaikkan PPN, maka penyesuaian tersebut akan dimasukkan dalam Undang-Undang Anggaran Pendapat dan Belanja Negara (UU APBN) 2025.

Emagazine Solopos

“Jadi selama ini, UU HPP bunyinya demikian, tetapi mengenai apa yang diputus pemerintah nanti pemerintah akan memasukkan itu ke dalam UU APBN, jadi kita lihat saja,” ujarnya.

Sementara itu, Peneliti Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menyatakan rencana kenaikan tarif PPN harus dilakukan di momentum yang tepat.

Upaya menyesuaikan dengan momentum berarti kebijakan kenaikan tarif PPN perlu disesuaikan dengan kebijakan pemerintah lainnya yang berkaitan dengan inflasi ataupun target kenaikan upah, agar tak menimbulkan konsekuensi berlebihan terhadap perekonomian.

Interaktif Solopos

Di sisi lain, Yusuf menuturkan sebenarnya pemerintah bisa mengambil opsi untuk menjalankan kebijakan PPN yang bersifat progresif, yang bermakna PPN nantinya tidak bersifat single tarif namun multi tarif dan disesuaikan dengan barang yang akan dikonsumsi oleh kelompok. pendapatan masyarakat.

Di sisi lain, anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Ahmad Lukman Jupiter menilai kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 12 persen pada 2025 berdampak terhadap daya beli warga.

“Pemerintah memang sudah umumkan rencana kenaikan PPN menjadi 12 persen pada 2025 yang dikhawatirkan semakin memukul daya beli masyarakat,” kata Jupiter kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/3/2024).



Jupiter menuturkan rencana PPN yang semula di angka 11 persen, mulai 1 Januari 2025 menjadi 12 persen.

Dia mengkhawatirkan daya beli masyarakat akan cenderung turun lantaran konsumen menjadi pihak yang menanggung kenaikan itu.

Hal ini karena PPN dihitung dari harga jual barang dan jasa sehingga kenaikan tarif PPN akan menambah beban biaya yang ditanggung konsumen.

Sementara sisi positifnya, pemerintah bisa mendongkrak penerimaan sekaligus menambal defisit keuangan negara.

“Kenaikan PPN 12 persen itu bagaikan bola salju yang menggelinding dan diprediksi akan berdampak pada lonjakan harga barang dan jasa nantinya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Jadwal Lengkap KA Banyubiru Hari Ini, Ada Keberangkatan Pagi dan Sore

Jadwal Lengkap KA Banyubiru Hari Ini, Ada Keberangkatan Pagi dan Sore
author
Rohmah Ermawati Selasa, 21 Mei 2024 - 05:55 WIB
share
SOLOPOS.COM - Rute yang dilintasi KAI Banyubiru cukup legendaris karena merupakan jalur KA Pertama dan tertua di Indonesia yang dibangun perusahaan KAI milik Hindia Belanda atau Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). (Tangkap layar/ Instagram @KAI).

Solopos.com, SOLO—Kereta Api (KA) Banyubiru yang beroperasi setiap hari masih menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat. KA dengan rute Solo-Semarang dan sebaliknya itu beroperasi per 1 Juni 2023 setelah sebelumnya vakum selama sekitar 10 tahun.

Perjalanan dengan menaiki KA Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang Semarang membutuhkan waktu sekitar dua jam. Cek jadwal perjalanan KA Banyubiru hari ini, Selasa (21/5/2024).

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Sejauh ini, KA Banyubiru keberangkatan pagi cenderung lebih diminati dibandingkan dengan keberangkatan malam.

Menurut Manager Humas KAI Daops 4 Semarang, Franoto Wibowo, okupansi atau tingkat keterisian KA Banyubiru keberangkatan pagi rata-rata mencapai 80% setiap harinya. Sementara itu, KA Banyubiru keberangkatan malam rata-rata load factor atau tingkat keterisian sebanyak 30% setiap harinya.

Dia menambahkan KA Banyubiru yang beroperasi tiap hari ini banyak diminati oleh wisatawan dan pekerja. Hal ini membuat KA Banyubiru dengan jadwal keberangkatan pagi cenderung menjadi favorit.

“Selain itu, kalau pagi banyak penumpang yang berwisata ke daerah Solo seperti Masjid Sheikh Zayed,” kata dia, baru-baru ini.

Koran Solopos

Dalam sehari ada dua kali perjalanan KA Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Semarang Tawang atau Solo ke Semarang. Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan.

Sementara, harga tiket eksekutif kondisi normal, seperti dipantau dari laman booking.kai.id dibanderol Rp80.000 sekali jalan.

“Kereta api ini diharapkan menjadi pilihan layanan mobilitas masyarakat Jawa Tengah,” kata Direktur Utama (Dirut) PT KAI Didiek Hartantyo saat peluncuran KA Banyubiru di Stasiun Tawang Semarang, Kamis (1/6/2023) lalu, seperti dilansir Antara.

Menurut Didiek, Banyubiru diambil dari nama yang dekat dengan masyarakat Jawa Tengah. “Banyu artinya air, biru mencerminkan keindahan alam,” katanya. KA Banyubiru sendiri terdiri atas tiga rangkaian kereta ekonomi dan empat rangkaian kereta eksekutif dengan total 431 tempat duduk.

Adapun, jadwal keberangkatan pertama kereta dari Solo–Semarang ini dimulai pukul 10.40 WIB–pukul 12.42 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 2 menit). Sedangkan keberangkatan kedua yakni sore hari pukul 17.15 WIB–pukul 19.31 WIB (waktu tempuh 2 jam lebih 16 menit).

Rute KA Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan menuju Semarang akan berhenti di beberapa tempat, misalnya Stasiun Salem Grobogan, Stasiun Gundih di Grobogan, Stasiun Brumbung di Demak,  dan berakhir di Stasiun Semarang Tawang.

Melintasi Berbagai Destinasi Wisata

Perjalanan KA Banyubiru melintasi sejumlah stasiun yang unik dan legendaris. Stasiun Salem di Gemolong dan Stasiun Gundih di Grobogan dibangun pada 1870. Selanjutnya, Stasiun Brumbung di Demak dibangun pada 1867, disusul Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng dibangun pada 1914.

Rute yang dilintasi juga cukup legendaris karena merupakan jalur KA pertama dan tertua di Indonesia yang dibangun perusahaan kereta api milik Hindia Belanda atau Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

Selain itu, destinasi wisata yang bisa dikunjungi dengan perjalanan kereta api ini cukup banyak. Pertama, di Kota Solo warga bisa mengunjungi Masjid Sheikh Zayed, Masjid Agung Solo, Pracima Tuin Pura Mangkunegaran, Keraton Solo, hingga Solo Safari Zoo.

Emagazine Solopos

Selanjutnya, dari Solo kereta bakal berhenti di Salem, Gemolong, Sragen. Beberapa destinasi wisata Sragen yang bisa dikunjungi yakni Museum Sangiran, Objek Wisata Sendang Kun Gerit, juga New Gunung Kemukus.

Selanjutnya kereta berhenti di Gundih, Grobogan. Destinasi wisata di Grobogan yakni Bledug Kuwu, Air Terjun Widuri, Waduk Nglangon, Sendang Teleng Kalibiru, hingga Air Terjun Gulingan.

Perjalanan dilanjutkan ke Stasiun Brumbung di Demak. Wisata yang layak dikunjungi yakni Masjid Agung Demak, Makam Terapung Syekh, Mudzakir, Hutan Mangrove Morosari Sayung, Brown Canyon Demak, Desa Wisata Tlogoweru, dan Taman Air Polaris.

Destinasi terakhir KA Banyubiru adalah di Stasiun Semarang Tawang. Sejumlah destinasi wisata di Semarang yang layak dikunjungi yakni Lawang Sewu, Saloka Theme Park, Klenteng Sam Poo Kong, Kota Lama Semarang, Pagoda Avalokitesvara, Kampung Pelangi, hingga Museum Ranggawarsita.

Jadwal Lengkap KA Banyubiru

Mengutip informasi yang dihimpun dari KAI Access, berikut jadwal dan rute lengkap lengkap KA Banyubiru hari ini, Selasa (21/5/2024):

1. Jadwal Pagi Solo-Semarang

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Semarang Tawang

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif kondisi normal Rp80.000 sekali jalan.

Stasiun Solo Balapan: berangkat pukul 10.40 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 11.00 WIB

Interaktif Solopos

Stasiun Gundih: berangkat pukul 11.24 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 12.25 WIB

Tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 12.42 WIB

2. Jadwal Sore Solo-Semarang

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Semarang Tawang.

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif dibanderol Rp80.000 sekali jalan.

Stasiun Solo Balapan: berangkat pukul 17.15 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 17.35 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 17.59 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 19.14 WIB



Stasiun Gundih: berangkat pukul 11.24 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 12.25 WIB

Tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 12.42 WIB

2. Jadwal Sore Solo-Semarang

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Semarang Tawang.

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif dibanderol Rp80.000 sekali jalan.

Stasiun Solo Balapan: berangkat pukul 17.15 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 17.35 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 17.59 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 19.14 WIB



Tiba di Stasiun Semarang Tawang pada pukul 19.31 WIB

3. Jadwal Pagi Semarang-Solo

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Semarang Tawang ke Stasiun Solo Balapan

Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif kondisi normal dibanderol Rp80.000 sekali jalan.

Stasiun Semarang Tawang: berangkat pukul 07.50 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 08.10 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 09.11 WIB

Stasiun Salem: berangkat pukul 09.35 WIB

Tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 09.55 WIB

4. Jadwal Sore Semarang-Solo

Kereta Api Banyubiru dari Stasiun Semarang Tawang ke Stasiun Solo Balapan



Harga tiket KA Banyubiru ekonomi dengan rute Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Tawang untuk kondisi normal dibanderol Rp40.000 sekali jalan. Sementara, harga tiket eksekutif kondisi normal dibanderol Rp80.000 sekali jalan.

Stasiun Semarang Tawang: berangkat pukul 20.45 WIB

Stasiun Brumbung: berangkat pukul 21.04 WIB

Stasiun Gundih: berangkat pukul 22.17 WIB

Tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 22.56 WIB

Cara Membeli Tiket KA Banyubiru

Pembelian tiket KA Banyubiru salah satunya bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access atau dengan mengakses laman booking.kai.id. Calon penumpang bisa membuka aplikasi atau laman tersebut, klik pilihan KA Antar Kota.

Setelah itu, pilih stasiun asal yakni Solo Balapan dengan tujuan Semarang. Nanti bakal ada beberapa pilihan kereta menuju Semarang, salah satunya Banyubiru.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Prakiraan Cuaca Sragen Selasa 21 Mei 2024 Masih Dominan Cerah Berawan

Prakiraan Cuaca Sragen Selasa 21 Mei 2024 Masih Dominan Cerah Berawan
author
Astrid Prihatini WD Selasa, 21 Mei 2024 - 05:26 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi prakiraan cuaca Sragen. (Freepik)

Solopos.com, SRAGEN-Sebelum beraktivitas, cek terlebih dahulu prakiraan cuaca Sragen hari ini pada Selasa (21/5/2024). Menurut prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bakal cerah berawan seharian.

Sementara suhu udara dari pagi hingga siang hari meningkat dan mencapai puncaknya pada pukul 13.00 WIB yaitu 34 derajat Celcius. Namun setelah sore hari suhu udara mulai turun yang membuat udara terasa lebih sejuk. Bagi kamu yang hendak beraktivitas seharian, jangan lewatkan informasi ini!

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Berikut informasi prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (21/5/2024), dikutip Solopos.com dari situs BMKG pada Senin (20/5/2024) :

Koran Solopos
  • Pukul 07.00 WIB, cuaca cerah berawan. Suhu udara 28 derajat Celsius dengan kelembapan 70%. Angin berembus dengan kecepatan 10 km/jam dari tenggara.
  • Pukul 10.00 WIB, cuaca cerah berawan. Suhu udara 30 derajat Celsius dengan kelembapan 65%. Angin berembus dengan kecepatan 20 km/jam dari timur.
  • Pukul 13.00 WIB, cuaca cerah berawan. Suhu udara 33 derajat Celsius dengan kelembapan 55%. Angin berembus dengan kecepatan 20 km/jam dari timur.
  • Pukul 16.00 WIB, cuaca cerah berawan. Suhu udara 32 derajat Celsius dengan kelembapan 65%. Angin berembus dengan kecepatan 20 km/jam dari timur.
  • Pukul 19.00 WIB, cuaca berawan. Suhu udara 29 derajat Celsius dengan kelembapan 75%. Angin berembus dengan kecepatan 10 km/jam dari timur.
  • Pukul 22.00 WIB, cuaca berawan. Suhu udara 27 derajat Celsius dengan kelembapan 80%. Angin berembus dengan kecepatan 10 km/jam dari  timur.

Cuaca dapat berubah sewaktu-waktu, ini hanyalah panduan prakiraan cuaca Sragen hari ini menurut BMKG. Semoga informasi ini bermanfaat, selamat beraktivitas.

Emagazine Solopos
Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories