SOLOPOS.COM - Gunung Lawu tampak dari Bukit Mongkrang, Minggu (29/8/2021). (Solopos/Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pendaki asal Rejowinangun, Desa Minggiran, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Ali Rahmatullah, 48, dilaporkan menghilang di jalur pendakian Gunung Lawu. Hingga kini Tim SAR bersama sukarelawan Gunung Lawu masih melakukan pencarian terhadap pendaki tersebut.

Anggota BPBD Provinsi Jawa Timur untuk wilayah Kabupaten Magetan, Guntur Wisnu Prabowo, mengatakan korban mendaki Gunung Lawu sejak 15 Oktober lalu. Korban mendaki melalui jalur Pos Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Hari Sabtu [15/10/2022] saudara Ali Rahmatulloh melakukan registrasi pendakian puncak Lawu untuk melaksanakan ritual di sana,” katanya kepada Solopos.com, Selasa (25/10/2022) malam.

Namun dikarenakan cuaca yang ekstrem, dua anggota Satgasus Lawu melakukan penyisiran ke puncak Gunung Lawu pada 18 Oktober 2022. Seluruh pendaki diturunkan sebagai upaya antisipasi cuaca ekstrem. Penyisiran pendaki kemudian masih dilanjutkan pada hari berikutnya. Jalur pendakian ini lantas ditutup karena cuaca ekstrem.

Baca Juga: Salah Jalur, Lima Pendaki Tersesat di Gunung Guntur Garut Dievakuasi

Hingga pada tanggal 22 Oktober 2022, posko Cemoro Sewu menerima laporan dari keluarga korban. Dalam laporan itu pendaki atas nama Ali Rahmatullah mendaki sejak 15 Oktober hingga 22 Oktober belum kembali.

“Dari laporan ini anggota Satgasus bersama paguyuban kantin Lawu melakukan pencarian di puncak Lawu. Tapi hasilnya nihil,” katanya.

Dia mengatakan pencarian pendaki diduga hilang kemudian kembali dilanjutkan pada 24 Oktober. Tim TRC PGL, Satgas Perhutani, dan petugas Perhutani kembali melakukan pencarian namun hasilnya masih nihil.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Mengintai, Jalur Pendakian Lawu via Karanganyar Masih Dibuka

Sesuai rencana pencarian dengan melibatkan tim SAR dan sukarelawan akan dilanjutkan lagi pada Rabu (26/10/2022). Saat ini, jalur pendakian melalui pos Cemoro Sewu ditutup sementara. Selain cuaca ekstrem juga untuk mempermudah pencarian pendaki diduga hilang di Gunung Lawu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya