SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelantikan mutasi pejabat. (Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 43 orang mendaftar ikut lelang dan seleksi jabatan eselon II Pemkot Solo hingga pendaftaran ditutup, Rabu (3/11/2021) sore. Pansel Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemkot Solo mengatakan dari puluhan pelamar, tak ada yang dari luar daerah.

Seluruh pelamar merupakan aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Solo. Sedangkan 10 jabatan tinggi Pemkot Solo yang dilelang itu meliputi Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pembangunan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kemudian, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Baca Juga: Warga 15 Kelurahan di Kota Solo Ini Wajib Waspada, Rawan Banjir!

Lalu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perindustrian (Diskop UKM dan Perin), Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP).

Dari 10 jabatan tersebut, jabatan Kepala Diskop UKM dan Perin paling banyak diminati dengan delapan pelamar. Disusul jabatan Kepala Bappeda yang dilamar tujuh orang. Jabatan kepala Bakesbangpol dan kepala DPMPTSP masing-masing dilamar lima orang. Sisanya masing-masing dilamar tiga orang.

Penilaian dokumen administrasi bakal berlangsung pada 4-6 November, diikuti pengumuman hasil seleksi pada 9 November. Ketua Pansel JPT Pemkot Solo, Anwar Hamdani, mengatakan setelah seleksi administrasi, pelamar yang lolos bisa mengikuti seleksi uji kompetensi melalui penggalian potensi pada 11-13 November.

Baca Juga: Cerita Wawali Solo Sering Disambati soal Ijazah Tertahan di Sekolah

Penelusuran Rekam Jejak

Setelah itu diikuti penelusuran rekam jejak, moralitas, dan integritas pada 13-22 November. Hasilnya bisa diketahui pada 22 November yang dilanjutkan penyampaian uji gagasan, makalah, dan wawancara pada 24-25 November. “Setelah itu tes kesehatan dan kejiwaan pada 26-27 November,” jelasnya melalui sambungan telepon, Kamis (4/11/2021).

Penyampaian hasil akhir lelang jabatan eselon II Pemkot Solo itu kepada Sekretaris Daerah, selaku pejabat yang berwenang dilakukan 29 November. Selanjutnya hasil seleksi diserahkan kepada Wali Kota Solo selaku pejabat pembina kepegawaian.

Hasil akhir seleksi akan diumumkan pada 30 November dilanjutkan koordinasi dan konsultasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada 1-10 Desember. Pejabat terpilih rencananya dilantik pada 31 Desember.

Baca Juga: Prediksi Skor 4-0 Persis Solo Vs AHHA PS Pati Meleset, Gibran Ngeles

“Setiap pelaksanaan tes bisa disidak oleh KASN, sehingga kami memastikan pelaksanaannya bersih dan kompetitif,” tutur Anwar.

Plt Kepala Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPPD) Kota Solo, Hari Prihatno, mengatakan pelantikan berlangsung 31 Desember agar mereka bisa bekerja sesuai Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru pada tahun berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya