SOLOPOS.COM - Ratusan pejabat eselon II, III, IV, dan kepala SD-SMP dilantik Bupati Sragen di Pendapa Sumonegaran, Sragen, Senin (2/1/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengocok ulang posisi 11 pejabat eselon II, Senin (2/1/2023). Dua pejabat eselon II lainnya dipertahankan dengan perpanjangan dan perubahan nomenklatur nama dinas/badan yang mereka pimpin.

Pelantikan para pejabat eselon II ini dilakukan bersamaan pelantikan ratusan pejabat eselon III, IV, dan kepala SD-SMP. Acara ini dilakukan di Pendopo Sumonegaran Sragen, Senin (2/1/2023) siang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pejabat eselon II yang diperpanjang jabatannya itu yakni Dwiyanto sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD). Sedangkan pejabat lain yang dipertahankan namun dengan nomenklatur yang berbeda adalah Aris Tri Hartanto sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida). Sebelumnya bernama Bappeda Litbang Sragen.

Mutasi tersebut masih menyisakan lima organisasi perangkat daerah (OPD) yang tak memiliki kepala definitif sehingga harus diisi seorang pejabat pelaksana tugas (plt). Kelima OPD tersebut terdiri atas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A), Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan Inspektorat.

“Bu Udayanti dimutasi ke Dinas Kesehatan yang sebelumnya di DP2KBP3A. Sementara Plt Kepala DP2KBP3A diserahkan kepada sekretaris Dinas, Joko Puryanto. Kemudian untuk DPMPTSP belum menemukan sosok yang baru, jadi masih diserahkan kepada Pak Tugiyono. Kemudian Diskominfo, siapa pun yang ditempatkan di sana belum bisa maksimal. Kami cari orang baru di sana. Untuk plt. saya minta Mas Dwiyanto karena sebelumnya pernah di PDE [Pusat Data Elektronik],” jelas Yuni, sapaan Bupati Sragen, saat berbincang dengan wartawan, Senin sore.

Yuni menjelaskan Dwiyanto awalnya  ingin ke Diskominfo. Namun, Yuni memilih menempatkan Dwiyanto di Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) sampai sekarang. Dia berharap Dwiyanto bisa meletakkan dasar yang kuat di Diskominfo saat menjadi plt.

Untuk Plt Kepala Disparpora, Yuni memilih Sutrisna yang sekarang menjabat Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Kemudian untuk Plt. Kepala Inspektorat tetap diserahkan kepada Asisten I, Joko Suratno.

Masa jabatan Plt kemungkinan tidak lama karena mulai Februari 2023 sudah dilakukan proses lelang jabatan atau open bidding atas lima posisi yang kosong tersebut.

“Tidak ada yang salah dalam pergeseran ini. Harus diyakini bahwa selama ini masih dalam koridor Sragen sebagai tempat mengabdi,” kata Yuni terkait mutasi ini.

Berikut daftar nama pejabat eselon II yang dilantik

Jumlah pejabat dan kepala sekolah yang dilantik

  1. Pejabat Eselon II : 13 orang
  2. Pejabat Eselon III : 36 orang
  3. Pejabat Eselon IV : 56 orang
  4. Kepala SMP : 9 orang
  5. Kepala SD : 119 orang

Total                                                    : 233 orang

Pelantikan Pejabat Eselon II di Kabupaten Sragen

Perpanjangan masa jabatan pejabat tinggi pratama

  • Dwiyanto sebagai Kepala BPKPD Sragen

Pengukuhan/pelantikan pejabat tinggi pratama

        Nama                             Jabatan Lama                                            Jabatan Baru

  1. Suwandi                       Kepala DPMD Sragen                                Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Sragen
  2. Yuniarti                        Kepala Disparpora Sragen                       Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan                                                                                                                    Sragen
  3. Muh Yulianto              Kepala Disnaker Sragen                           Asisten Adminsitrasi Umum Setda Sragen
  4. Tedi Rosanto               Kepala DLH Sragen                                    Sekretaris DPRD Sragen
  5. Udayanti Proborini   Kepala DP2KBP3A Sragen                        Kepada Dinas Kesehatan Sragen
  6. Eka Rini M.T.L.           Staf Ahli Sragen                                          Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan                                                                                                                Sragen
  7. Agus Winarno            Kepala Satpol PP Sragen                           Kepala Disnaker Sragen
  8. Rina Wijaya                Kepala Disnakan Sragen                           Kepala DLH Sragen
  9. Pudjiatmoko               Sekretaris DPRD Sragen                            Kepala DPMD Sragen
  10. Samsuri                        Kepala Dinas Arpus Sragen                     Kepala Satpol PP Sragen
  11. I Yusep Wahyudi        Kepala Diskominfo Sragen                       Kepala Dinas Arpus Sragen
  12. Aris Tri Hartanto       Kepala Bappeda Litbang Sragen            Kepala Bapperida Sragen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya