SOLOPOS.COM - Ada sejumlah tokoh anak muda yang digadang-gadang menggantikan Gibran Rakabuming Raka sebagai wali kota pada Pilkada Solo 2024. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO—Hangatnya pertarungan Pemilu 2024 masih terasa seusai pemungutan suara pada Rabu (14/2/2024). Namun, elite partai politik (Parpol) lokal mulai mengalihkan bidikan ke agenda Pilkada Solo 2024.

Publik Kota Bengawan pun mulai bertanya-tanya siapa figur yang berpotensi memimpin Solo sepeninggal Gibran Rakabuming Raka. Solopos.com mencoba mengumpulkan figur-figur yang berpotensi maju di Pilkada Solo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, dan pernyataan dari beberapa elite parpol Solo, berikut para tokoh yang bisa saja menjadi Cawali-Cawawali Solo. Namun mereka harus diusung oleh parpol atau gabungan parpol.

Figur Potensial Cawali-Cawawali Solo 2024:

1. K.G.P.A.A. Mangkunegoro X
2. Ketua DPD Partai Golkar Solo, Sekar Tandjung
3. Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa
4. Rektor Unsa, Astrid Widayani
5. Caleg DPRD Solo, Rheo Yuliana Fernandez
6. Ketua Bappilu DPC PDIP Solo, Her Suprabu
7. Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo
8. Wakil Ketua DPRD Solo, Sugeng Riyanto
9. Caleg DPRD Solo, Kevin Fabiano
10. Adik ipar Seno Kusumohardjo, Dinar Retna Indrasari
11. Pemilik Persis Solo, Kevin Nugroho
12. Anggota DPRD Solo, Ginda Ferachtriawan

Dalam perjalananya, sangat mungkin muncul figur atau sosok baru yang akan meramaikan bursa Cawali-Cawawali Solo 2024. Seperti halnya ketika Kaesang Pangarep sempat digadang-gadang maju Pilkada Solo.

Namun, dikarenakan sudah menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), kecil kemungkinan Kaesang kembali ke Solo. Dengan belum adanya figur sentral dan dominan, peluang bagi figur baru sangat besar.

Di sisi lain, dinamika politik seusai Pemilu 2024 mulai dilakukan lobi-lobi untuk membentuk koalisi. Ketua DPC Partai Demokrat Solo, Supriyanto, mengaku sudah didekati beberapa parpol untuk bergabung dan nyepuhi.

“Beberapa parpol lobi-lobi kepada kami. Prediksi saya nanti ada tiga poros koalisi Pilkada Solo,” ujar dia, Rabu (21/2/2024). Poros pertama dimotori PDIP, poros kedua digalang PKS, serta poros ketiga gabungan parpol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya