SOLOPOS.COM - Polisi memberikan imbauan keamanan kepada sejumlah penumpang bus program mudik dan balik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/4/2023). (Antara/Maulana Surya)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberangkatkan ribuan pemudik yang menggunakan sebanyak 126 bus pada program balik gratis Lebaran 2023, Jumat (28/4/2023).

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Suharto di sela pelepasan bus di Terminal Tirtonadi mengatakan jumlah daerah yang mengikuti arus balik kali ini lebih sedikit dibandingkan saat arus mudik. 

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Kami menyiapkan untuk 28 titik arus mudik, kalau ini kami menyiapkan delapan (titik pada arus balik). Jumlahnya tidak sama karena ada sebagian orang yang memperpanjang liburannya,” kata dia, mengutip Antara. 

Ia mengatakan pemudik yang kembali ke perantauan di waktu yang hampir bersamaan dijadikan satu klaster sehingga dapat delapan titik, di antaranya dari Surabaya, Madiun, Yogyakarta, Cirebon, Semarang, Surakarta, dan Wonogiri.

Untuk jumlah armada yang digunakan pada program balik gratis ini sebanyak 126 bus. Sementara itu, dikatakannya, dari jumlah penduduk di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi yang mencapai 33 juta, 54 persen di antaranya menjalankan mudik.

“Jadi ada 18,8 juta. Itu kami fasilitasi mudik gratis karena di dalamnya ada yang ingin mudik pakai motor dan kendaraan pribadi. Kalau semua bergerak pasti sifatnya tidak massal, otomatis risiko kecelakaan tinggi, maka kami klasterkan,” kata Suharto.

Oleh karena itu, ia berharap program tersebut dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. “Ikhtiar menekan angka kecelakaan bisa diwujudkan dan mudik berkesan bisa diwujudkan,” tutupnya.

 

Sumber: Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya