SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KARANGANYAR — Sebanyak 133 gereja di wilayah Karanganyar bakal mendapatkan pengamanan super ketat selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Polisi bakal melakukan sterilisasi di setiap gereja pada H-1 Natal untuk menjamin keamanan umat Kristiani saat beribadah.

Sementara apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2012 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru digelar di lapangan Mapolres Karanganyar, Jumat (21/12/2012) sekitar pukul 08.00 WIB. Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo. Pengamanan Natal dan Tahun Baru bakal melibatkan 1.559 personel gabungan yang disiagakan di setiap gereja dan pusat keramaian.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Operasi Lilin Candi 2012 dilaksanakan selama 10 hari mulai 23 Desember-3 Januari dengan sasaran utama pengamanan tempat ibadah. Setiap gereja disiagakan beberapa personel selama 24 jam saat perayaan Natal. Polisi juga bakal memasang alat metal detector di setiap gereja untuk mengantisipasi aksi teror.

“Kami menjamin keamanan perayaan Natal dan Tahun Baru terutama terhadap umat Kristiani yang akan beribadah,” kata Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo seusai apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2012, Jumat pagi.

Selain itu, pengamanan Natal dan Tahun Baru bakal melibatkan ormas, tokoh masyarakat (toma) serta pemuda setempat. Langkah ini dilakukan sebagai wujud kerjasama antara polisi dengan masyarakat.

Kapolres menegaskan tidak akan mentolerir aksi kriminal atau tindakan-tindakan yang dapat memicu terjadinya konflik. Pihaknya mengantisipasi dengan memperketat penjagaan di wilayah perbatasan antara Karanganyar-Solo.
“Wilayah perbatasan harus diperketat, setiap polisi di pos pengamanan bakal dipersenjatai lengkap,” paparnya.

Personel yang diterjunkan selama pengamanan Natal dan Tahun Baru berjumlah sekitar 600 petugas. Sistem pengamanan dilakukan dengan sistem terbuka dan tertutup tergantung kondisi di lapangan. Apel gelar pasukan juga dihadiri unsur Muspida Karanganyar yakni Wakil Bupati Karanganyar, Paryono dan Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letnan Kolonel Inf Eddy Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya