SOLOPOS.COM - Warga korban bencana alam menerima santunan dari Pemkab Karanganyar di aula DPUPR pada Rabu (18/1/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengucurkan santunan senilai Rp240,5 juta untuk korban bencana alam periode November– Desember 2022.

Santunan diberikan bagi korban yang menderita bangunan rusak hingga meninggal dunia karena bencana. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono, di aula Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) pada Rabu (18/1/2023).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bagus Darmadi, mengatakan ada 139 keluarga dari 36 desa dan kelurahan yang menerima santunan. Sebanyak 105 keluarga di antaranya mengalami  kerusakan ringan pada rumahnya. Lalu 20 keluarga dengan bangunan rusak sedang dan 14 keluarga dengan bangunan rusak berat.

“Rusak ringan nilai santunannya Rp1 juta-Rp1,5 juta, kemudian rusak sedang Rp3 juta dan rusak berat Rp5 juta. Total santunan Rp240,5 juta,” katanya kepada Solopos.com.

Dana santunan itu berasal dari APBD 2022 dan diberikan untuk mengurangi beban warga terkena bencana. Diharapkan santunan itu juga bisa memberikan semangat untuk kembali mandiri sekaligus wujud dan kehadiran pemerintah kepada warga terdampak bencana.

Selain korban dengan bangunan rusak, Bagus mengatakan santunan juga diberikan kepada ahli waris dari warga yang meninggal dunia akibat bencana. Bantuan itu diberikan kepada ahli waris atas nama Gimah, 65, warga Sidomukti, Jenawi. Nominal santunan Rp5 juta dari BPBD dan Rp2 juta dari PMI Karanganyar.

Warga Salam, Jenawi, Ngadi Sutar, 50, mengaku senang menerima santunan Rp1 juta dari Pemkab. Uang tersebut akan digunakan untuk membayar utang biaya perbaikan dapur rumahnya. Bangunan dapur tersebut jebol setelah tertimpa material tebing belakang rumah yang longsor pada November 2022 lalu.

“Saya pinjam uang Rp7,5 juta untuk perbaiki dapur yang rusak. Alhamdulillah ini dapat Rp1 juta bisa sedikit nyaur utang,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya