SOLOPOS.COM - Kegiatan pesantren kilat VIII Ramadan di komplek Masjid Ar-Ridha Wunut, Tulung, Klaten, Selasa-Kamis (21-23/3/2023). (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 140 anak mengikuti Pesantren Kilat (Peskil) VIII Ramadan di kompleks Masjid Ar-Ridha Wunut, Tulung, Klaten, Selasa-Kamis (21-23/3/2023).

Kegiatan yang digelar Ma’had Tahfidzul Qur’an Bait Al-Tanzil dan TPQ Ar-Ridha Tulung Klaten itu dalam rangka menyambut dan menyemarakkan Ramadan tahun 1444 H/2023 M.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Seratusan peserta yang mengikuti Peskil kali ini tak hanya berasal dari Tulung. Melainkan dari beberapa wilayah lain di luar Tulung, seperti Polanharjo, Karanganom, dan Jatinom. Tema saat kegiatan tersebut berlangsung, yakni Raih Iman dengan Bersuci, Raih Pahala dengan Berbagi.

Selain menginap selama tiga hari dua malam, Peskil ini di-setting dengan berbagai bentuk kegiatan. Di antaranya belajar teori dan praktik tata cara taharah, mendongeng, berkuda, memanah, wisata umbul, dan menonton film.

Dengan kegiatan yang bervariasi diharapkan anak-anak tidak bosan dan semangat mengikuti Peskil. Selama kegiatan, anak-anak dibimbing 35 ustaz/ustazah.

Selain mendapatkan ilmu, para peserta juga mendapatkan teman yang saleh dan salehah. Anak-anak belajar sabar dan tertib karena mereka harus mengantre giliran mandi. Kegiatan yang tidak kalah seru adalah saat tukar kado, pembagian hadiah, suvenir, dan kenang-kenangan.

Salah satu panitia penyelenggara Peskil di Wunut, Enggal, mengatakan latar belakang kegiatan tersebut di antaranya didasari keprihatinan gejala inferioritas yang masih menjangkiti sebagian besar masyarakat Indonesia dan krisis pemimpin-pemimpin teladan di bumi pertiwi.

“Maksud dari pesantren kilat ini sebagai upaya melahirkan generasi yang senang berlomba dan bersaing sehat. Serta menghasilkan pemimpin yang saleh dan unggul. Kami juga berharap bisa mewujudkan tunas-tunas bangsa yang berani menghadapi persaingan di kancah nasional dan global. Terwujud pula pemimpin yang berkepribadian dan berakhlak serta memiliki integritas tinggi terdepan dalam meneladankan kebaikan dan menginspirasi bagi yang lainnya,” jelas Enggal seperti dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Minggu (26/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya