SOLOPOS.COM - Pembagian sarung gratis dari Kagama Kota Solo kepada masyarakat di depan Loji Gandrung, Senin (25/4/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada atau Kagama Kota Solo kembali membagi-bagikan 1.000 sarung gratis kepada warga kurang mampu untuk menyambut Lebaran 2022 di depan Loji Gandrung, Solo, Senin (25/4/2022).

Bertema Berbagi Sarung untuk Sahabat, acara ini dimulai pukul 10.45 WIB. Sarung dibagikan kepada masyarakat, mulai dari tukang becak, tukang sapu, pemungut sampah, hingga tukang ojek.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Antusiasme para penerima bantuan sarung itu bahkan sudah terlihat sebelum acara dimulai. Mereka sudah berdatangan dan mengantre di lokasi sejak pukul 10.00 WIB. Selain pembagian sarung, ada juga layanan vaksinasi booster dan hiburan musik angklung.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum Kagama

Warga yang sudah mendapatkan sarung gratis dari Kagama Solo itu langsung menuju tenda di kompleks Loji Gandrung untuk mengikuti vaksinasi booster. Selain itu, beberapa juga naik ke lokomotif dan rangkaian gerbong setelah mendapatkan sarung.

Acara ini dibuka Ketua Umum Kagama Solo, KGPH Dipokusumo dan dihadiri perwakilan Pemkot Solo, Arief Haryono. Sambutan yang diberikan selama lima menit sebelum acara. Menurut Gusti Dipo, acara yang sudah digelar selama 15 tahun ini merupakan bentuk rasa syukur menyambut Lebaran 2022.

Baca Juga: Kagama Soloraya Tumpengan di Pasar Gede Solo dan Doakan Jokowi-Ma’ruf

Selain itu, sarung yang dibagikan juga menjadi simbol bagaimana keberagaman budaya di Indonesia. “Ya acara ini merupakan bentuk rasa syukur kami menjelang Lebaran 2022, acara ini sudah 15 tahun berjalan. Kenapa kami membagi sarung, karena sarung adalah gambaran budaya Indonesia. Sarung punya fungsi dan corak berbeda-beda, seperti corak Makassar dan Samarinda,” ujar Gusti Dipo Kusumo saat ditemui wartawan.

Jumlah sarung gratis yang dibagikan Kagama Solo dalam acara itu ada 1.000 potong, namun disediakan ratusan potong tambahan jika antusiasme warga yang ingin mendapat sarung gratis itu melebihi target.

Baca Juga: FOTO LEBARAN 2015 : Kagama Solo Bagikan 650 Sarung Gratis

“Kami menyiapkan 1.000 potong sarung untuk acara ini, namun tidak menutup kemungkinan, jika antusiasme warga melebihi 1.000, kami juga menyiapkan ratusan sarung untuk antisipasi,” ujar Gusti Dipo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya