SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemilu 2024.(rumahpemilu.org)

Solopos.com, KLATEN – Seluruh partai politik atau parpol yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024 di Klaten sebanyak 18 parpol mendaftarkan bakal calon anggota legislatif atau bacaleg ke KPU selama masa pendaftaran 1-14 Mei 2023.

Mereka memasang target beragam mulai dari menguasai suara mayoritas, target minimal satu fraksi (4-5 kursi), bahkan ada yang mematok target asal dapat kursi di DPRD Klaten.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Klaten, Yusuf Andi Pratama, mengatakan mendaftarkan 28 bacaleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten. Seluruh bacaleg itu berusia muda dari 23 tahun hingga paling tua 32 tahun.

“Kami realitastis saja sebagai partai baru tidak muluk-muluk, target kami satu fraksi,” kata Andi saat ditemui wartawan seusai mendaftarkan Bacaleg di KPU Klaten, Minggu (14/5/2023) siang.

Guna mengejar target tersebut, Andi mengatakan sejak awal para kader diminta turun ke maysarakat. Semua bacaleg dari parpol di Klaten tersebut diwajibkan bekerja dan hadir di tengah masyarakat, tidak boleh ada yang hanya menumpang nampang.

“Kami diwajibkan bekerja ke masyarakat. Seperti dalam urusan dokumen kependudukan, gotong royong, serta pendekatan ke sertifikat tempat ibadah apa pun,” jelas dia.

Ketua DPD Partai Perindo Klaten, Suroso, mengatakan ada 50 bacaleg yang didaftarkan ke KPU Klaten. Jumlah bacaleg sesuai kuota kursi DPRD Klaten sebanyak 50 kursi.

“Sesuai aturan KPU kuota perempuan 30 persen terpenuhi. Mudah-mudahan bisa menyumbangkan yang terbaik nantinya. Target kursi satu fraksi,” kata Suroso.

Sementara itu, salah satu parpol baru, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), mendaftarkan 16 bacaleg ke KPU Klaten untuk ikut kontestasi Pemilu 2024. Mereka terdiri dari delapan laki-laki dan delapan perempuan. “Semua dapil terisi,” kata salah satu pengurus PKN Klaten, Kristian Muladi.

Gandeng Mantan Anggota DPRD

Pengurus PKN Klaten lainnya, Budi Wibowo, mengatakan ada beberapa nama mantan anggota DPRD Klaten yang nyaleg lewat PKN. Hanya, dia enggan menyebutkan nama mereka.

Soal target, Budi mengatakan sebagai partai baru, targetnya yang penting dapat kursi di DPRD Klaten. “Target pokoknya minimal di Dapil Klaten 5 dapat satu kursi,” jelas Budi.

DPC Partai Hanura Klaten mendaftarkan enam bacaleg ke KPU Klaten untuk ikut kontestasi pada Pemilu 2024. “Kedudukan Hanura sulit dalam persaingan dengan parpol besar di Klaten. Tetapi kami optimistis bisa meraih kursi,” kata Ketua DPC Partai Hanura Klaten, Slamet Widodo.

Slamet mengatakan awalnya ada 13 bacaleg yang disiapkan Hanura. Namun, jumlah itu menyusut menjadi sembilan bacaleg. Kemudian menyusut lagi karena situasi sehingga hanya ada enam bacaleg yang didaftarkan parpol tersebut ke KPU Klaten.

“Dapil 2 ada empat bacaleg dan dapil 4 ada dua bacaleg. Target tidak banyak. Dapil 2 satu kursi dan Dapil 4 satu kursi,” kata dia. Slamet menargetkan di masa lalu Hanura pernah meraih empat kursi DPRD Klaten lalu menyusut menjadi dua kursi. Pada Pemilu 2019, tidak mendapatkan kursi.

Pendaftaran bacaleg ke KPU Klaten berakhir pada Minggu (14/5/2023) pukul 23.59 WIB. Sebanyak 18 parpol mendaftarkan bacaleg untuk ikut kontestasi Pemilu 2024.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Klaten, Samsul Huda, mengatakan total ada 658 bacaleg yang didaftarkan 18 parpol peserta Pemilu ke KPU Klaten. Perinciannya, 397 laki-laki dan 261 perempuan.

Setelah pendaftaran berakhir, KPU segera melakukan verifikasi administrasi yakni penelitian dokumen administrasi persyaratan bacaleg hingga 23 Juni 2023. Parpol masih diberikan kesempatan melakukan perbaikan jika ada dokumen yang belum benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya