SOLOPOS.COM - Sebanyak 18 bendera parpol peserta Pemilu 2024 dipasang bersama secara simbolis di Jl. Lawu Karanganyar, Selasa (26/9/2023). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sejumlah ketua dan perwakilan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Karanganyar melakukan pemasangan alat peraga kampanye (APK) bersama-sama. Pemasangan bendera parpol secara simbolis itu dilakukan di Jl. Lawu, Karanganyar, tepatnya di barat bundaran Tegalarum, di depan Hotel Taman Sari, Selasa (26/9/2023). Pemasangan dilakukan di lokasi tertentu yang telah disiapkan agar tidak melanggar aturan.

Kabid Politik Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat Badan Kesbangpol Karanganyar, Eka Mardiyanta, menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Peraturan Bupati Karanganyar No. 43/2023 tentang Penataan Atribut Nonkomersial, Alat Peraga Kampanye dan Tempat Kampanye Pemilu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Hal tersebut dimaksudkan untuk alasan keamanan, kebersihan, kerapian dan keindahan kota. Selain itu untuk kelancaran pelaksanaan kampanye pemilu di daerah. Dengan penataan lokasi pemasangan APK tersebut diharapkan juga dapat mendukung upaya pelestarian lingkungan.

Dijelaskan, sesuai ketentuan yang ada, bahwa sepanjang Jl. Lawu Karanganyar, mulai perempatan Papahan hingga persimpangan Terminal Tegalgede serta jalan-jalan lain yang telah ditentukan, dilarang dipasang APK.

Untuk itu Pemkab Karanganyar memfasilitasi lokasi pemasangan APK sosialisasi Pemilu 2024 di dua lokasi. Selain di depan Hotel Taman Sari juga di depan Gedung DPRD Karanganyar. Pembuatan tempat pemasangan APK bersama itu dibuat dengan biaya CSR senilai sekitar Rp27 juta. CSR didapatkan dari PT Bank Jateng Cabang Karanganyar dan Perusahaan Daerah Bank Karanganyar.

Pada hari ini dilakukan pemasangan bendera 18 parpol peserta Pemilu 2024. Acara itu selain dihadiri ketua atau perwakilan parpol juga dihadiri Forkopimda Karanganyar, termasuk Bupati Juliyatmono dan Wakil Bupati Rober Christanto.

Bupati Juliyatmono mengatakan selain untuk menata dan menjaga kebersihan kota, pemasangan APK bersama itu juga menjadi simbol kebersamaan. “Pemerintah juga ikut peduli, sebab pemilu ini tugas kita bersama,” jelas dia.

Selian dua lokasi yang telah disiapkan, akan ada tiga lokasi lain yang akan dipasang APK bersama. Ketiganya direncanakan di Papahan, di depan Pegadaian Karanganyar, dan di Bejen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya