SOLOPOS.COM - Pengunjung memilih durian yang ditawarkan dalam Bazar Durian Masjid Al Falah Sragen, Minggu (6/2/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SRAGEN—Pengelola Masjid Raya Al Falah Sragen mengadakan bazar durian di halaman masjid selama dua hari sejak Sabtu (5/2/2022). Bazar digelar untuk pemberdayaan pedagang durian yang biasa berjualan di sekitar masjid.

Bazar yang berlangsung siang hari tersebut mampu menjual 2.500 buah durian/hari atau 10 kali penjualan harian belasan pedagang durian sekitar Masjid Raya Al Falah Sragen.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Minggu (6/2/2022), bau durian tercium sejak Solopos.com melintasi Jalan Nenur lalu Jalan Sukowati di sekitar Masjid Raya Al Falah Sragen. Puluhan orang berdatangan mengendarai kendaraan bermotor maupun berjalan kaki.

Baca Juga: Bazar di Masjid Raya Sragen, 5.000 Durian Ludes Kurang dari 2 Jam

Ada sejumlah pedagang yang menggelar lapak durian yang dipasok dari lereng Gunung Lawu tersebut. Sejumlah pengunjung tampak memilih durian dengan mengangkat durian lalu mencium bau pada kulit durian.

Para pedagang sibuk membelah durian yang dipilih para konsumen yang ingin melihat daging durian sebelum membayar. Buah durian yang dipilih ditali untuk dibawa pulang atau dibelah untuk dimakan di tempat.

Panitia bazaar menyediakan tikar dan meja kursi makan untuk para konsumen yang berniat makan di tempat. Kerumunan tidak tampak pada tempat makan yang tersedia namun pada lapak pedagang.

Baca Juga: Bazar Durian Masjid Al Falah Sragen, Ribuan Durian Ludes Sehari

Imam Ketiga Masjid Raya Al Falah Sragen, Muhammad Luthfi Afandi, 21, mengatakan pengelola masjid biasanya mengadakan bazar pada saat musim panen raya durian. Mereka menyediakan tempat khusus di halaman masjid bagi para pedagang durian yang biasa berjualan di sekitar masjid.

“Masya Allah dalam satu hari kemarin [Sabtu] sekitar 2.500 durian sudah terjual,” kata dia.

Menurut dia, para pembeli mayoritas warga Sragen serta ada sejumlah warga luar kota, antara lain dari Jakarta serta Semarang. Para panitia memasarkan bazar durian melalui media sosial.

Baca Juga: Operasi Pangan Murah dan Gratis Digelar di Masjid Al Falah Sragen

Sedangkan jumlah pedagang durian sekitar Masjid Al Falah Sragen tercatat 11 pedagang. Para pedagang menjual durian Rp20.000 sampai Rp50.000/ buah.

Luthfi mengatakan biasanya para pedagang bisa menjual 250 buah/hari di sekitar masjid di luar bazar. Jenis durian yang dijual antara lain durian biasa, durian montong, dan durian mentega.

Salah satu pengunjung, Dwi Pujiastuti, 30, datang bersama suaminya, Henry, 33, membeli dua buah durian untuk dibawa pulang. Dia mengatakan bazar bisa menjadi tempat berburu durian yang lokasinya dekat di Sragen.

Baca Juga: Keren, Masjid Al Falah Sragen Kini Punya Baitul Mal

“Biasanya cari durian ke Gondang [Bendungan Gondang, Kecamatan Kerjo, Karanganyar]. Lokasinya cukup jauh namun beda cerita dilakukan sambil berwisata,” kata Tutik yang merupakan warga Kecamatan Gondang.

Henry menambahkan panitia harus menyediakan tempat yang lebih luas serta mengatur pengunjung yang memilih durian supaya tidak menimbulkan kerumunan yang berpotensi menjadi penularan Covid-19 mengingat suasana masih pandemi Covid-19.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya