SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Sebanyak 2.526 anggota Linmas akan disiapkan untuk terlibat dalam pengamanan pelaksanaan Pilkada Solo, 26 April mendatang. Mereka akan ditempatkan di 932 tempat pemungutan suara (TPS) dan kelurahan, kecamatan dan kota.

Menurut Kepala Kesbangpol dan Linmas, Suharso, penempatan anggota Linmas di TPS akan dibahas bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dia mengatakan, sesuai aturan yang ada, maka dua anggota Linmas akan masuk dalam keanggotaan Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS).

“Nanti akan kami rapatkan bersama-sama dengan KPU mengenai hal itu. Ada aturan memang dua anggota Linmas harus masuk dalam KPPS, jadi plot-nya memang tiap TPS ada dua Linmas,” papar kepada wartawan, Rabu (24/3).

Selain di TPS, kata dia, akan ada juga Linmas yang bertugas di tiap-tiap kelurahan dan kecamatan yaitu masing-masing ada 10 personel.
Sedangkan, untuk Linmas di bertugas di level kota berjumlah 102 orang. Dengan jumlah kebutuhan sebanyak itu, Suharso menyatakan, jumlah pengamanan dari Linmas sudah memadai karena jumlah total Linmas di Solo mencapai 3.313 personel.

Dia menyatakan, pengamanan Pilkada oleh Linmas akan dilakukan bersama dengan aparat Poltabes Solo. Dia menyatakan, H-1 Pilkada, personel Linmas akan diserahkan ke Poltabes Solo dan berada dibawa kendali operasi aparat kepolisian.

“Tugasnya hanya tiga hari yaitu H-1 sampai H+1. Tentu nanti kalau untuk kebutuhan logistik dan pengamanan setelah pemungutan mereka bisa diberdayakan. Kalau jumlah yang diterjunkan ini kurang lebih sama dengan Pilpres dan Pileg lalu,” ungkap dia.

dni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya