SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang tunai rupiah. (Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR - Sebanyak 2.978 keluarga penerima manfaat (KPM) di Karanganyar sudah disalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) oleh Kementerian Sosial melalui rekening bank masing-masing yang ditunjuk. Sedangkan 14.733 keluarga yang bantuan disalurkan melalui layanan Kantor Pos akan disalurkan mulai Selasa (12/5/2020).

5 Pasien Covid-19 Solo Sembuh, Salah Satunya Anak Umur 6 Tahun Asal Nusukan

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Diketahui sebelumnya Karanganyar mendapatkan kuota untuk BST sebanyak 25.836 keluarga. Namun, sebanyak 8.125 keluarga tertolak oleh sistem Pusdatin Kemensos. Sehingga, hanya sebanyak 17.711 KPM yang lolos untuk mendapatkan aliran bantuan tunai senilai Rp600.000 selama tiga bulan. Bantuan didistribusikan melalui rekening empat bank mitra dan PT Kantor Pos Indonesia.

Kabid Pemberdayaan dan Pembinaan Sosial Dinsos Karanganyar, Marno, mengatakan distribusi bantuan sudah disalurkan dengan membagi kuota untuk Bank BNI sebanyak 551 KPM, BRI 2.063 KPM, Bank Mandiri 347 KPM, dan BTN sebanyak 17 KPM. Keempat bank tersebut nantinya akan memberikan pesan ke penerima melalui SMS Banking sebagai informasi bantuan sudah masuk ke rekening.

AHM Bagikan Ribuan Paket Sembako Ke Warga Sekitar Perusahaan

“Sudah disalurkan yang lewat bank. Karena itu kan otomatis dibuatkan rekening. Nanti e-Banking akan memberikan notifikasi ke nomor penerima bantuan. Nanti bisa diambil kapan saja, karena sudah menjadi hak mereka selama tiga bulan,” ucap Marno kepada Solopos.com Sabtu (9/5).

Penyaluran BST di Karanganyar

Terkait penyaluran BST melalui layanan pos, Marno mengungkapkan untuk Gondangrejo, Colomadu, dan Jaten akan dilakukan oleh PT Pos Pusat Gladak Solo. Sedangkan 14 kecamatan lainnya akan dilakukan oleh PT Pos Cabang Karanganyar.

Untuk jadwal penyaluran pertama kali dilakukan di Jaten pada Selasa (12/5/2020) disusul Colomadu pada Rabu (13/5/2020) dan Gondangrejo (14/5/2020). Sedangkan kecamatan lainnya direncanakan juga akan dilakukan pada Selasa (12/5/2020) namun masih menunggu susunan jadwal pasti.

Kerusakan Paru-Paru Anak Akibat Covid-19, Meradang Hingga Terisi Nanah

“Targetnya dari Pos minimal sehari bisa menyalurkan ke 1.000 KPM. Semoga saja bisa tercapai. Nanti sistemnya akan diatur oleh Pemdes dan Pos. Tapi tetap akan didampingi dari Satgaskin. Semoga saja nanti bisa lancar,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya