SOLOPOS.COM - Taman Pracima Tuin yang tengah dibangun di kompleks Pura Mangkunegaran Solo, Oktober 2022. (Istimewa/Gibran Rakabuming Raka)

Solopos.com, SOLO–Kota Solo mendapatkan dua penghargaan Anugerah Pesona Indonesia atau API Awards 2023, Rabu (1/11/2023) melalui Pracima Tuin dan Atraksi Prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo).

Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Gembong Hadiwibowo, menjelaskan Kota Solo mendapatkan Juara 2 kategori Destinasi Baru berupa Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Selain itu, kata dia, Kota Solo mendapatkan Juara I kategori Atraksi Budaya melalui Atraksi Budaya Prajurit Keraton Solo. Pencapaian itu bakal menjadikan Pracima Tuin dan Atraksi Budaya Prajurit Keraton Solo semakin dikenal luas.

“Penghargaan ini menambah curious [penasaran] orang-orang untuk datang ke Kota Solo. Jadi khalayak yang pengin tahu Pracima Tuin dan Atraksi Budaya  Prajurit Keraton Solo bisa ke Solo,” kata dia, Kamis (2/11/2023).

Menurut dia, kunjungan Pracima Tuin maupun Pura Mangkunegaran terus mengalami peningkatan. Tingkat kunjungan atau penonton Atraksi Budaya Prajurit Keraton Solo maksimal pada momen tertentu.

“Pada saat Lebaran pengunjungnya banyak, pada saat Sekaten pengunjungnya banyak. Sekaten selesai ini agak menurun, semua ada musimnya,” paparnya.

Gembong menambahkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Aryo Widyandoko menerima penghargaan pada malam puncak API Awards 2023 di Kota Ambon, Maluku, Rabu (1/11/2023) malam.

Malam puncak API Awards 2023 digelar dengan berbagai penampilan musisi dan penyanyi Indonesia dari berbagai aliran musik. Atraksi ini menunjukan karakter Kota Ambon sebagai City Of Music.

Untuk tahun ini, parade juara didominasi oleh nominasi yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Aceh, Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Maluku.

Kehadiran Provinsi Jawa Tengah melalui kabupaten/kota di wilayahnya berhasil menyabet banyak gelar juara pada ajang API Awards 2023  kali ini merupakan angin yang sangat segar bagi perkembangan dunia pariwisata.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya