SOLOPOS.COM - Anggota perguruan silat menggalang dana untuk membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kecamatan Kedawung, Sragen, Minggu (12/12/2021). (Istimewa/Nugroho Dwi Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Sejumlah komunitas menggalang dana bantuan bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru ke sejumlah persimpangan jalan di Sragen.

Berdasarkan pantauan Solopos.com sejak Senin pekan lalu sampai Minggu (13/12/2021), sejumlah komunitas menggalang dana di sejumlah persimpangan antara lain di depan Pasar Sumberlawang, Alun-Alun Sasana Langen Putra Sragen, RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen dan lain-lain.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Warga yang turun ke jalan untuk menggalang dana, antara lain murid sekolah, organisasi masyarakat, pengemudi ojek online, dan perguruan silat. Warga yang turun ke jalan menyasar pengendara kendaraan bermotor.

Baca Juga: Warga Dibal Boyolali Galang Dana untuk Korban Erupsi Semeru di Lumajang

Mereka berpanas-panasan membawa kardus dengan keterangan di kardus untuk warga terdampak erupsi gunung. Ada juga warga menggalang dana di simpang empat dengan memainkan alat musik. Para sukarelawan izin kepada pemangku kepentingan pada wilayah setempat sebelum melakukan aksi.

Camat Kedawung, Sragen, Nugroho Dwi Wibowo, menjelaskan Forum Komunikasi Pencak Silat Sragen tingkat Kecamatan Kedawung juga mengadakan kegiatan penggalangan dana untuk warga terdampak erupsi Semeru, Minggu (12/12/2021) pagi.

Para anggota masing-masing perguruan silat mengirimkan 20 personel untuk menggalang dana di pertigaan Polsek Kedawung, simpang empat Dulang, simpang empat Batu Jamus dan pertigaan Pasar Jambangan.

Baca Juga: Galang Dana Korban Semeru, Napi Solo: Kami Juga Punya Rasa Kemanusiaan

“Alhamdulillah respon warga sangat baik. Jumlah dana yang terkumpul Rp8.292.000 dalam waktu dua jam. Penyaluran rencananya melalui PMI Sragen atau Baznas,” kata Bowo.

Sebelumnya, murid SMAN 2 Sragen juga melakukan hal yang sama di sejumlah persimpangan, Kamis (10/12/2021). Waka Bidang Kesiswaan SMAN 2 Sragen Sumaryanto menjelaskan guru memberikan dukungan terhadap inisiasi siswa dengan memberikan pendampingan dan pengawasan saat menggalang dana.

Sekretaris PMI Sragen Darmawan mengatakan sudah ada sejumlah sekolah dan komunitas warga yang memberikan bantuan bagi warga terdampak erupsi gunung melalui PMI Sragen. PMI memiliki tangan panjang kegiatan kemanusiaan di sekolah melalui Palang Merah Remaja (PMR).

Baca Juga: Pemkab Karanganyar akan Galang Dana untuk Korban Erupsi Semeru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya