SOLOPOS.COM - Eks napiter Roki Apris Dianto alias Atok (kiri) mendatangi Polsek Pasar Kliwon, Solo, untuk minta maaf, Rabu (26/1/2022). (Instagram @polrestasurakarta)

Solopos.com, SOLO— Seorang eks narapidana terorisme (napiter) asal Kabupaten Sukoharjo, Roki Arpris Dianto, 39, mendatangi Polsek Pasar Kliwon, Solo, Rabu (26/1/2022). Pria itu datang bukan untuk kembali meneror melainkan untuk meminta maaf kepada jajaran Polsek Pasar Kliwon Solo.

Sebab sebelumnya ia sempat melakukan aksi teror di lingkungan Polsek Pasar Kliwon. Bukan hanya sekali, pria yang akrab disapa Atok itu pernah melakukan aksi teror dengan menaruh bom di lingkungan Polsek Pasar Kliwon sebanyak dua kali.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Untuk itu pada Rabu pagi, pria tersebut mendatangi Polsek Pasar Kliwon dengan tujuan untuk meminta maaf atas aksi yang pernah dilakuknnya kepada petugas di lokasi setempat.

Baca Juga: 35 Suami Istri Eks Napiter Diundang ke Loji Gandrung Solo, Ada Apa Ya?

Roki merupakan orang yang merencanakan aksi teror di Polsek Pasar Kliwon pada 2012 lalu. Namun bom yang ia taruh gagal meledak. Ia kemudian ditangkap namun berhasil kabur. Beberapa tahun setelah kabur, eks napiter itu kembali mengulangi aksinya, yakni meletakkan bom di sekitar Polsek Pasar Kliwon, Solo.

Namun bom berhasil diamankan sebelum meledak. Detik-detik saat kedatangan Atok ke Polsek Pasar Kliwon untuk meminta maaf terekam dalam video yang kemudian diunggah akun Instagram @polrestasurakarta, Rabu.

Atok menyampaikan setelah keluar menjalani hukuman dari LP Nusakambangan, ia mengaku selalu merasa bersalah saat melewati jalan di depan Polsek Pasar Kliwon. Ia teringat akan aksi yang pernah dilakukan.

Baca Juga: Cerita Roki, Eks Napiter Serangkaian Aksi Pengeboman di Soloraya

Respons Kapolsek

“Setiap lewat sini [depan Polsek Pasar Kliwon] saya selalu merasa deg-degan. Saya merasa takut. Takutnya, karena saya merasa bersalah,” katanya dalam video itu. Karena rasa bersalah itulah Atok kemudian mendatangi Polsek Pasar Kliwon untuk meminta maaf atas aksinya yang pernah dilakukan kepada jajaran Polsek Pasar Kliwon.

Kedatangan eks napiter saat itu ditemui langsung oleh Kapolsek Pasar Kliwon, Solo, AKP Riedwan Prevoost. Riedwan mengatakan sudah memberikan maaf secara ikhlas atas aksi yang dilakukan Atok.

Baca Juga: Ke Mal di Sukoharjo, Ganjar Nonton Film Bioskop tentang Eks Napiter

“Manusia pasti pernah berbuat salah. Namun sebaik-baiknya orang adalah yang menyesali dan meminta maaf atas kesalahan yang diperbuatnya. Jadi wajib hukumnya kita sesama manusia memberi maaf,” katanya.

Kepada wartawan, Riedwan menyampaikan setelah yang bersangkutan selesai menjalani hukuman dan pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan, timbul keinginan darinya untuk menyadari kesalahannya. Kemudian yang bersangkutan meminta maaf, dengan difasilitasi oleh TNI dan Polri di Sukoharjo dan Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya