SOLOPOS.COM - Personel tim SAR gabungan di kawasan New Selo, Kecamatan Selo, Boyolali melakukan persiapan sebelum berangkat menuju lokasi penemuan dua pendaki yang sempat hilang di Gunung Merapi, Kamis (14/12/2017). (Akhmad Ludiyanto/JIBI/Solopos)

Pencarian terhadap dua pendaki yang tersesat di Merapi membuahkan hasil.

Solopos.com, BOYOLALI — Dua pendaki Gunung Merapi Sucipto, 32 dan M. Zada Lubab, 20, yang tersesat sejak Selasa (12/12/2017), akhirnya ditemukan Kamis (14/12/2017). Tim SAR Gabungan saat ini sedang berupaya mengevakuasi keduanya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sucipto dan Zada ditemukan di tempat berbeda oleh search rescue unit (SRU) yang bertugas melakukan pencarian. (baca: Pendaki Tersesat, Jalur Pendakian Merapi Boyolali Ditutup 7 Hari)

Dalam pers rilis yang ditempel di basecamp Barameru, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali, terungkap M. Zada Lubab ditemukan SRU 5 di jalur pendakian Sapuangin, Klaten, Kamis, sekitar pukul 06.49 WIB.

Sementara itu, Sucipto ditemukan sekitar pukul 08.40 WIB. Penemuan Sucipto ini didasarkan atas info awal dari SAR Klaten yang melihat adanya tanda-tanda ada orang di antara hulu Kaliworo/Gendol hingga Pasar Bubrah pada sore hari.

Selanjutnya, informasi tersebut ditindaklanjuti SRU di lapangan. Sekitar pukul 01.14 WIB terlihat kembali terlihat lampu senter yang diperkirakan milik Sucipto. Namun saat itu tidak ada komunikasi antara SRU dengan Sucipto karena jarak jauh. Sekitar pukul 08.40 WIB posisi Sucipto akhirnya dijangkau SRU 1 meskipun cuaca berkabut.

Komandan SAR BPBD Boyolali Kurniawan Fajar Prasetyo saat dimintai konfirmasi di basecamp Barameru membenarkan informasi tersebut. “Sudah [ditemukan]. Nanti saja ya,” ujarnya sambil memantau regu penjemputan. (baca pula: Pencarian 2 Pendaki Merapi Tersesat Dihentikan karena Cuaca Buruk)

Berdasarkan pantauan  di basecamp Barameru sekitar pukul 12.10 WIB, personel tim SAR gabungan mulai berangkat menuju lokasi penemuan korban. Namun belum dapat diperoleh informasi lebih lanjut mengenai jalur penjemputan kedua pendaki itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya