SOLOPOS.COM - Warga bersama polisi dan TNI mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Raya Taruna Anton Sugiharto, Dusun Godang RT 005/RW 002 Desa/Kecamatan Pracimantoro, Jumat (23/12/2022) siang. Pohon itu menimpa badan jalan hingga sempat mengakibatkan kemacetan. (Istimewa/Humas Polres Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRIHujan deras disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang di Jalan Raya Taruna Anton Sugiharto, Dusun Godang RT 005/RW 002 Desa/Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jumat (23/12/2022) siang. Pohon itu menimpa badan jalan hingga sempat mengakibatkan kemacetan.

Pada hari yang sama, pohon tumbang menimpa salah satu rumah warga di Dusun Gobel Pule, Desa Tengger, Kecamatan Puhpelem. Warga, anggota polisi dan TNI setempat sudah berhasil mengevakuasi masing-masing pohon yang tumbang tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri, Aiptu Iwan Sumarsono, mengatakan ada dua pohon tumbang yang terjadi di dua kecamatan berbeda di Wonogiri. Pohon tumbang di Pracimantoro terjadi pada Jumat siang. Sementara pohon timbang di Puhpelem terjadi, Jumat dini hari.

“Pohon tumbang di Pracimantoro itu sempat menutup dan menghambat arus lalu lintas. Tapi sudah disingkirkan. Jalan sudah dibersihkan dan arus lalu lintas sudah normal. Sedangkan pohon tumbang di Puhpelem menimpa sebagian atap sebuah rumah,” kata Aiptu Iwan melalui keterangan tertulisnya, Jumat.

Dia memastikan tidak ada korban jiwa akibat dua peristiwa tersebut. Hanya ada kerugian material peristiwa pohon tumbang di Puhpelem senilai Rp2 juta. Proses evakuasi pohon tumbang juga berjalan lancar lantaran kerja sama banyak pihak.

Baca Juga: Pantai Mlenas Wonogiri, Diincar Wisatawan karena Masih Asri dan Berhawa Sejuk

Dia menambahkan, saat ini intensitas dan volume hujan di Wonogiri sudah mulai tinggi. Kejadian pohon tumbang dan banjir berpotensi cukup besar di Wonogiri. Oleh karena itu, dia mengimbau agar warga hati-hati ketika melewati pohon-pohon besar.

Aiptu Iwan juga menyarankan warga memangkas ranting dan dahan pohon-pohon terutama yang dekat dengan rumah dan jalan raya. Dengan begitu, beban pohon tersebut ringan dan meminimalisasi terjadi tumbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya