SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka akan menambah pengamanan Masjid Sheikh Zayed setelah pengunjung pada akhir pekan mencapai 20.000 orang, Selasa (7/3/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO– Jumlah pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo mencapai 10.000-an orang, Sabtu (4/3/2023) dan meningkat menjadi 20.000-an orang, Minggu (5/3/2023). Polresta Solo bakal membantu petugas keamanan masjid akhir pekan.

Data pengunjung itu sesuai catatan Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Munajat. Dia mengatakan jumlah pengunjung paling banyak mulai Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Jumat itu seperti hari biasa namun ada peningkatan ketika Jumatan. Hari biasa rata-rata Subuh sampai Isya 2.000 sampai 3.000 orang,” kata dia dihubungi, Selasa (7/3/2023).

Munajat tidak hafal jumlah petugas keamanan maupun jumlah petugas cleaning service Masjid Raya Sheikh Zayed. Uni Emirat Arab (UEA) menggandeng pihak ketiga untuk menyediakan petugas masjid.

Menurut dia, Polresta Solo dan Kodim 0735/Solo membantu keamanan Masjid Raya Sheikh Zayed sejauh ini. Masjid telah dibuka oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk umum, Rabu pekan lalu.

Adapun pengurus Masjid Raya Sheikh Zayed telah menindaklanjuti laporan pengunjung kehilangan handphone. Belum ada bukti atau rekaman warga yang kehilangan handphone. Kemungkinan saking banyaknya orang atau kehilangan di area yang tak terekam kamera CCTV.

“Sebenarnya sudah ada kamera CCTV 36 lokasi. Kami berencana menambah menjadi 2 kali lipatnya,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, pengunjung diimbau membawa kantong untuk tempat alas kaki yang bisa dibawa ke ruang salat. Hal itu untuk mengantisipasi alas kaki yang hilang atau tertukar dengan milik jemaah lainnya.

“Kalau sandal kemarin ada sandal satu hilang, kemudian orang lain mengambil, terus karambol,” papar dia.

Wali Kota Gibran Rakabuming Raka mengatakan jumlah pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed mencapai lebih dari 12.000 orang, Sabtu dan lebih banyak pada Minggu. Pemkot Solo meminta Polresta Solo memberikan arahan kepada petugas keamanan masjid.

Pantauan Solopos.com di Balai Kota Solo, Selasa (7/3/2023) Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi menemui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Mereka melakukan pertemuan tertutup untuk menambah keamanan Masjid Raya Sheikh Zayed.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya