SOLOPOS.COM - Ilustyrasi (Nadhiroh/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Nadhiroh/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR–Sekitar 20 persen jaringan pipa air bersih PDAM Karanganyar tak layak. Pipa air bersih tersebut sudah berusia tua sehingga rawan mengalami kebocoran.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Direktur Teknik PDAM Karanganyar, Suparno, mengatakan jaringan pipa air bersih yang tak layak di perkotaan itu sepanjang 6,9 kilometer. Pipa-pipa itu berusia puluhan tahun bahkan beberapa pipa peninggalan zaman Kolonial Belanda. “Pipa transmisi di perkotaan sudah tak layak lagi dan perlu segera diganti,” ujarnya kepada Solopos.com, Kamis (2/8/2012).

Mayoritas jaringan pipa yang tak layak berada di wilayah perkotaan, seperti Palur dan Tasikmadu.  Sementara total jaringan pipa air bersih PDAM Karanganyar sepanjang 1.011.980 kilometer.

Pemeliharaan jaringan pipa air bersih dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan anggaran. Pihaknya memprioritaskan penggantian pipa air bersih yang selama ini sering mengalami kebocoran.  Dia mencontohkan jaringan pipa air bersih yang terletak di Palur, Kecamatan Jaten sering mengalami kebocoran.

Pihaknya berjanji akan mengganti pipa air bersih yang tak layak karena Palur merupakan wilayah permukiman padat penduduk.  “Kami berjanji akan meningkatkan pelayanan pelanggan dengan mengganti pipa air bersih yang tak layak lagi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya