SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Solopos.com)–Sebanyak 20 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mangkir di hari pertama masuk kerja pascalibur Lebaran, Senin (5/9).

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Triyanto saat ditemui wartawan di kantornya mengatakan sebanyak 13 tim sudah diterjunkan untuk melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di 13 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemkab Klaten.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sebanyak 13 SKPD itu meliputi Inspektorat Daerah, Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpol dan Linmas), Badan Pemberdayaan Masyarakat Perlindungan Perempuan dan Keluarga Berencana (Bapermas PP KB), Kantor Ketahanan Pangan, Kantor Pelayanan Terpadu, Kantor Arsip dan Perpustakaan, dan sejumlah kecamatan.

“Tiga belas tim itu tiba di kantor SKPD pada pukul 07.00 WIB. Kami lalu meminta semua PNS mengikuti apel pagi. Di sela-sela apel pagi itu kami mendata semua PNS yang tidak hadir,” tukas Triyanto.

Dari hasil pendataan petugas, terdapat 20 PNS yang tidak hadir di hari pertama masuk kerja pascalibur Lebaran. Sebanyak sembilan PNS di antaranya tidak menyertakan surat keterangan. Sementara sisanya diketahui sedang sakit, izin, atau cuti.

Triyanto menjelaskan, sebagian besar PNS di sejumlah SKPD sudah masuk 100%. Menurutnya, sedikitnya jumlah PNS yang mangkir kerja di hari pertama ini tidak lepas dari turunnya Surat Edaran (SE) tentang jadwal masuk kerja PNS yang dikeluarkan BKD pada hari terakhir masuk kerja menjelang libur Lebaran lalu.
Dia pun menyangkal adanya kebocoran informasi akan digelarnya Sidak pada hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran.

“SE itu kami berikan ke semua SKPD. Melalui SE itu kami meminta PNS masuk kerja sesuai jadwal. Tampaknya PNS sudah menyadari hal ini,” tandas Triyanto.

(mkd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya