Soloraya
Senin, 17 Juni 2024 - 16:29 WIB

Sapi Kurban Kabur dan Masuk ke Serambi Masjid Agung Solo Saat Akan Disembelih

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sapi kurban lepas dan masuk ke serambi Masjid Agung Solo saat akan disembelih, Senin (17/6/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO– Satu ekor sapi kurban kabur dan masuk ke serambi Masjid Agung Solo, Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Senin (17/6/2024) siang. Railing tangga masjid rusak ditabrak sapi.

Sekretaris Masjid Agung Solo Abdul Basid Rahmat menjelaskan sapi terakhir yang disembelih hari ini kabur saat diarahkan petugas menuju lokasi penyembelihan hewan kurban.

Advertisement

Waktu mau Zuhur, tidak tahu bagaimana yang pegang sapi lepas. Sapi masuk serambi masjid. Mungkin sapinya melihat temannya sudah dipotong lalu lari,” jelas dia kepada Solopos.com, Senin (17/6/2024).

Menurut dia, sapi menabrak railing/pegangan tangga dari kayu sampai rusak. Tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut. Panitia menangkap sapi di dekat gapura selatan Masjid Agung lalu melanjutkan menyembelih sapi dari para jemaah Masjid Agung Solo tersebut.

Basid menjelaskan ada enam ekor sapi yang disembelih Masjid Agung Solo, salah satunya dari Presiden Jokowi. Masjid Agung Solo dijadwalkan menyembelih satu ekor sapi dari Masjid Sheikh Zayed, Selasa sore.

Advertisement

Ketua Takmir Masjid Agung Solo sekaligus Rais Syuriah PCNU Kota Solo Muhammad Muhtarom menjelaskan Jokowi selalu memberikan sapi kurban sejak pertama menjabat sebagai Wali Kota Solo.

“Terimakasih, kebanggaan kami sebagai warga Solo, presiden alhamdulilah tak lupa dengan Solo. Bahkan tahun ini kalau gak salah tujuh sapi dari Presiden yang disembelih di Solo. Beliau untuk Solo luar biasa. Beliau luar biasa membangun daerah,” papar dia.

Muhtarom mengatakan sapi akan diberikan kepada warga Kauman. Ada tujuh kepanitiaan Iduladha di wilayah Kauman. Kemudian apabila warga Kauman sudah mendapatkan daging kurban, Masjid Agung akan mendistribusikan daging kepada jemaah lainnya.

Advertisement

Menurut dia, total hewan kerban di Masjid Agung Solo enam sapi dan 11 ekor kambing pada Iduladha 1445 H di Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Senin (17/6/2024). Sapi pemberian Presiden Jokowi. Sapi tersebut merupakan jenis simmental dengan bobot 1,08 ton.

Sapi dari Presiden Jokowi dipotong paling awal. Memotong sapi dari Presiden Jokowi melibatkan 14 orang. Mereka berbagi tugas merobohkan sapi, menarik tali, memegabg kepala sapi, dan bertugas sebagai jagal.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif