SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

PASAR IKAN—Pekerja tengah menyelesaikan pembangunan pasar ikan dan hasil olahan di kawasan minapolitan Desa Tanjungsari, Kecamatan Banyudono, Selasa (1/11/2011). (JIBI/SOLOPOS/Ahmad Mufid Aryono)

Boyolali (Solopos.com)–Pasar ikan yang merupakan satu bagian dalam kawasan minapolitan Desa Tanjungsari, Kecamatan Banyudono, Boyolali akan beroperasi awal tahun 2012 mendatang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Saat ini pembangunan pasar ikan terus dikebut. Pasar ikan yang dibangun di sebelah timur Balaidesa Tanjungsari itu, nantinya akan digunakan sebagai pusat penjualan ikan segar baik ikan lele dari kawasan minapolitan, maupun ikan segar tawar lainnya yang ada di wilayah Boyolali.

“Tak hanya ikan lele, pasar ikan itu nantinya juga akan menampung ikan-ikan segar dan olahannya dari wilayah Boyolali,” ujar Kades Tanjungsari, Joko Sarjono saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Selasa (1/11/2011).

Dari pantauan Espos, Selasa, sejumlah pekerja masih menyelesaikan finishing bangunan yang menelan anggaran Rp 317 juta tersebut.

Joko menjelaskan pasar ikan itu, sesuai dengan perjanjian, akan selesai akhir Desember mendatang. Tak hanya bangunan, pasar ikan yang dibangun atas bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) itu juga disertai dengan sejumlah peralatan pengolahan dan peralatan lainnya.

“Kami masih menunggu bantuan peralatan untuk kelengkapan pasar ikan itu dari KKP. Itu sudah menjadi satu paket dalam pembangunan pasar ikan,” tandas dia.

Dijelaskannya, pasar ikan itu nantinya juga akan dilengkapi dengan rumah makan, sebagai upaya untuk mendukung kawasan mina dan agropolitan. Saat ini kawasan minapolitan juga tengah diselesaikan pengerjaan talutisasi kolam dan pemasangan paving di sekeliling kolam.

“Peningkatan infrastruktur tersebut mendapat bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum untuk memberikan kenyamanan pengunjung saat melihat kolam ikan lele,” papar dia.

Sementara, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Boyolali, Ir Darsono, mengatakan dengan adanya pembangunan pasar ikan tersebut diharapkan mampu memberikan kenyamanan bagi para pengunjung di kawaan minapolitan Tanjungsari.

“Selain itu juga bisa memberikan alternatif pilihan bagi pengunjung,” pungkas dia.

(fid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya