SOLOPOS.COM - Bambang Sigit Sinugroho (Dok. SOLOPOS)

Bambang Sigit Sinugroho (Dok. SOLOPOS)

Klaten (Solopos.com)–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten akan membangun ruang terbuka hijau (RTH) di 16 titik di kawasan perkotaan. Pembangunan RTH itu akan dimulai tahun 2012 mendatang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Klaten, Bambang Sigit Sinugroho kepada Espos, Sabtu (27/8/2011).

Menurut Bambang, pembangunan 16 titik RTH itu merupakan bagian dari program Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Klaten dalam jangka panjang.

Pembangunan 16 titik RTH itu, kata Bambang, membutuhkan dana Rp 10 miliar yang rencananya akan diusulkan
ke pemerintah pusat.

“Dananya cukup besar. APBD Klaten tak mampu mengakomodasi sehingga kami usulkan ke pemerintah pusat,” tukas Bambang.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan hingga kini pihaknya masih melakukan kajian untuk membuat master plan dan detail engineering design (DED) proyek ini. Pembuatan master plan dan DED itu direncanakan bisa selesai pada akhir tahun 2011.

Pembangunan RTH itu meliputi beberapa kegiatan seperti penataan taman kota, trotoar, gapura batas kota, dan lain-lain.

“Taman di sebelah barat Kantor Dinas Pendidikan adalah salah satu yang akan kami tata ulang. Selama ini taman itu kurang terawat. Taman itu perlu ditata ulang agar terlihat asri sebagai RTH,” tandas Bambang.

(mkd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya