SOLOPOS.COM - (FOTO/FB/Imigrasi Surakarta)

(FOTO/FB/Imigrasi Surakarta)

SUKOHARJO–Sedikitnya 22 orang pencari suaka asal Iran ditangkap di Hotel Istana Hapsari, Bulakan, Kecamatan Sukoharjo Kota, Sukoharjo, Jumat (1/6/2012).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Mereka selanjutnya diamankan petugas Kantor Imigrasi Solo dan akan diserahkan ke International Organization for Migration (IOM).

Informasi yang dihimpun Solopos.com, jumlah pencari suaka yang menginap di Istana Hapsari sejak Kamis (31/5/2012) malam, sekitar 50 orang. Namun dari jumlah tersebut yang berhasil diamankan hanya 22 orang, sedang sebagian lainnya berhasil melarikan diri, Jumat pagi, dan kini masih dalam pengejaran kepolisian.

“Dokumen mereka lengkap, paspor lengkap, visa juga ada dengan visa kedatangan. Ini kami amankan dan akan diserahkan ke IOM, mereka lah yang akan memproses,” ungkap Kasubsi Pengawasan Kantor Imigrasi Solo, Novie Zaldy, ketika penjemputan warga pelarian asal Iran di Hotel Istana Hapsari.

Menurut Novi, dalam pengakuannya pencari suaka asal Iran tersebut dalam perjalanan menuju Australia. Tetapi terkait perjalanan dan keberadaan mereka sebelum sampai di Sukoharjo, hal itu belum diketahui jelas. Kuat dugaan warga asal Timur Tengah itu melarikan diri karena situasi di negaranya tidak kondusif.

Sementara Executive Manager Hotel Istana Hapsari, Katarina Yuliana, menyebutkan rombongan warga Iran datang dalam dua gelombang, Kamis (31/5/2012) malam. Tahap pertama, jumlahnya sekitar 12 orang dan  datang sekitar pukul 23.00 WIB. Berselang 30 menit, datang rombongan kedua dalam jumlah lebih besar.

“Semua datang dua rombongan, jumlahnya sekitar 50  orang. Mereka menyewa 12 kamar dan stay di sini untuk istirahat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya