SOLOPOS.COM - Anggota DPRD Klaten dari PDIP Aris Widiharto. (Instagram @aris_widiharto)

Solopos.com, KLATEN — Anggota DPRD Klaten yang juga politikus PDIP, Aris Widiharto, memutuskan berhenti alias tak maju lagi sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2024. Keputusan Aris tak nyaleg lagi lantaran sudah hampir 25 tahun menjadi legislator.

Aris dikabarkan ingin agar regenerasi berjalan baik dengan memberikan kesempatan kepada anak-anak muda untuk berkiprah di parlemen. Kabar itu dibenarkan Sekretaris DPC PDIP Klaten, Agus Riyanto.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Beliau tidak nyaleg. Jadi istilahnya bukan mundur. Kenapa bukan mundur? Karena [bakal caleg PDIP] belum didaftarkan ke KPU,” kata Agus saat dihubungi Solopos.com, Rabu (3/5/2023).

Agus menjelaskan PDIP Klaten berencana mengajukan 50 orang bakal calon anggota legislatif (bacaleg) sesuai jumlah total kursi DPRD Klaten pada Pemilu 2024. Saat ini, tahapannya masih di internal PDIP guna melengkapi berkas persyaratan.

“Teman-teman 50 orang saat ini melengkapi persyaratan. Untuk pendaftaran ke KPU, menunggu instruksi dari DPP,” kata Agus. Terpisah, politikus senior PDIP Klaten yang juga anggota DPRD, Aris Widiharto, membenarkan dirinya tak maju sebagai caleg pada Pemilu 2024.

Keputusan itu dia ambil agar proses regenerasi berjalan dengan baik. “Secara pribadi saya berharap ada regenerasi dan itu sudah diupayakan beberapa kali, hampir tiga kali. Apalagi saya sudah lima periode. Kalau ada regenerasi, partai ini bisa berkembang, ada gairah baru, semangat baru,” kata Aris.

Aris mengatakan secara lisan dan tertulis sudah menyampaikan pengunduran diri dari bacaleg PDIP ke DPC PDIP Klaten. Dia mengatakan tetap menyelesaikan tugasnya sebagai wakil rakyat hingga akhir periode kali ini.

Aris juga menjelaskan tetap menjadi kader partai untuk memenangkan PDIP pada Pemilu 2024. “Karena saya awalnya anak petani, saya kembali menjadi petani [setelah purnatugas sebagai anggota DPRD Klaten pada 2024] dan tetap menjadi kader partai [PDIP] sampai akhir hayat saya,” jelas dia.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten telah membuka pendaftaran bacaleg yang akan bertarung memperebutkan kursi DPRD Klaten pada Pemilu 2024 mendatang mulai 1 hingga 14 Mei.

Masing-masing parpol peserta Pemilu boleh mendaftarkan hingga 50 bacaleg sesuai jumlah kursi DPRD Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya