SOLOPOS.COM - Ilustrasi kursi jabatan (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar tahun 2020 sudah rampung.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, akan memilih satu nama dari maksimal tiga nama calon kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang diusulkan panitia seleksi pengisian jabatan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Panitia seleksi (pansel) pengisian JPTP sudah menerbitkan surat No.23/Pansel.Selter/VI/2020 tentang Hasil Akhir Seleksi Secara Terbuka dan Kompetitif Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karanganyar tahun 2020.

Sempat Dibuka Tutup, Ini Keistimewaan Bendungan Karangkendal Klaten

Surat ditandatangani Ketua Pansel, Tuhana, pada Rabu (24/6/2020). Tahapan seleksi dimulai sejak pertengahan Mei.

Pemkab membuka sembilan formasi jabatan kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Sebanyak 33 orang mendaftar pada sembilan formasi jabatan tersebut hingga terpilih 26 orang.

Siswa Solo Belajar Via Siaran Radio Diuji Coba 29 Juni 2020

Panitia seleksi mengusulkan tiga nama untuk setiap formasi, kecuali kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop dan UKM) Karanganyar hanya dua orang.

"Sudah, tahapan dari pansel selesai. Tahap akhir itu tes kesehatan di RSUD Karanganyar. Selesai tahapan itu, hasilnya diserahkan ke Pak Sekda. Lalu sekda melaporkan hasil itu kepada saya," ujar Bupati Karanganyar saat berbincang dengan wartawan, Rabu.

Proses dan Berkas

Informasi yang dihimpun , urutan nama yang diusulkan kepada bupati sesuai peringkat nilai hasil seleksi. Tetapi, Yuli, sapaan akrabnya, menyebut usulan tiga nama tidak dibuat demikian.

"Masing-masing sudah terpenuhi persyaratan dan sesuai tahapan. Tiga orang itu diposisikan memenuhi syarat dari kesehatan, kemampuan, paparan, dan kompetensi. Kami memiliki kewenangan menentukan salah satu dari tiga orang yang memenuhi syarat itu. Kami tidak memperingkatkan sekalipun nilai bisa dilihat semua. Tiga itu yang terbaik," tutur Yuli.

Kabar Duka: Bintang Iklan Legend RCTI Oke Meninggal

Pilihan Bupati akan dilaporkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Di tangan KASN, akan diperiksa seluruh proses dan berkas. Yuli menyampaikan tidak dapat memastikan kapan rekomendasi dari KASN turun.

Sementara itu, Ketua Pansel, Tuhana, menyampaikan nama yang terpampang pada pengumuman disusun berdasarkan huruf abjad.

"Pansel sudah rapat. Dari sekian itu ditetapkan tiga atau dua dengan nilai tertinggi, terbaik. Dari masing-masing formasi JPTP itu sudah yang terbaik," ungkap Tuhana saat dihubungi , Kamis (25/6/2020).

Dia mengatakan Bupati tidak ada ketentuan harus memilih yang berada di peringkat satu atau nilai tertinggi.

"Banyak pertimbangan. Yang penting mengambil salah satu dari tiga nama yang diusulkan pansel. Tidak boleh mengambil di luar yang diusulkan," tambah Tuhana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya