SOLOPOS.COM - Petugas BPBD Karanganyar memeriksa dokumen administrasi penerima bantuan sosial bencana alam di kantor setempat, Rabu (14/9/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 27 keluarga korban bencana alam di Kabupaten Karanganyar mendapat bantuan sosial dari Pemkab setempat, Rabu (14/9/2022). Bantuan sosial dalam bentuk uang tunai itu diberikan dengan nominal bervariasi tergantung tingkat kerusakan yang dialami korban.

Bantuan tersebut disalurkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar di kantor setempat. Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Karanganyar, Bagoes Darmadi, mengatakan penerima bantuan tersebut berasal dari sembilan kecamatan. Yakni Jatipuro 2 keluarga, Jatiyoso 1, Jenawi 1, Jumantono 2, Jumapolo 3, Karanganyar 1, Karangpandan 4, Ngargoyoso 10, dan Tawangmangu 3.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Bantuan sosial bencana alam yang kami salurkan ini adalah yang kedua pada 2022,” ujarnya.

Nilai bantuan yang diberikan berbeda-beda antara penerima satu dengan lainnya. Hal itu tergantung tingkat kerusakan rumah/barang milik korban yang dialami. “Untuk rusak ringan nilai bantuannya Rp1 juta-Rp1,5 juta per keluarga. Rusak sedang Rp3 juta per keluarga dan rusak berat Rp5 juta per keluarga,” imbuhnya.

Baca Juga: Edukasi Tanggap Bencana, Siswa SDN 01 Papahan Karanganyar Ikuti Simulasi Gempa

Bagoes menambahkan, saat ini pihaknya juga masih memproses beberapa warga lain menjadi korban bencana alam. “Nanti bantuan akan kami salurkan pada November atau Desember,” imbuhnya.

Pemkab berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban warga yang terdampak bencana alam. Selain itu bantuan diharapkan memberikan semangat agar mereka kembali mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya